Lebih Hemat Listrik Dan Efisien, Begini Cara Cerdas Menggunakan Rice Cooker

Lebih Hemat Listrik Dan Efisien, Begini Cara Cerdas Menggunakan Rice Cooker

Cara hemat memasak dengan Rice Cooker--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam menghemat tagihan listrik agar tidak membengkak, bisa disiasati dengan lebih cerdas dan bijak dalam mengunakan barang elektronik. 

Untuk menghemat penggunaan energi listrik di rumah, bisa memulainya dari sumber listrik terbesar yaitu dapur. 

Kita pasti selalu menggunakan rice cooker dalam keseharian, siapa sangka alat penanak nasi ini menyumbang sebagian besar penggunaan listrik pada rumahmu.

Untuk mengatasi hal tersebut, tips berikut ini dapat kamu lakukan agar penggunaan listrik pada rice cooker menjadi lebih hemat.

BACA JUGA:Cara Mencegah Rice Cooker Bau, Ketahui Penyebabnya  

1. Pilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan 

Selain mempertimbangkan model dan daya tahan, penting juga untuk memilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. 

Sebaiknya gunakan rice cooker berukuran kecil untuk keluarga yang hanya berisi 2-4 orang. Penggunaan listrik pada rice cooker berukuran kecil lebih sedikit dibandingkan dengan yang ukuran besar.

Dengan memilih rice cooker sesuai kebutuhan kamu tentu dapat menghemat budget pembelian rice cooker dan juga biaya listrik. 

2. Rendam beras sebelum memasak 

Untuk mengurangi penggunaan listrik saat menggunakan rice cooker, kamu bisa merendam beras selama 30 menit sebelum mulai memasak. 

Cara ini dinilai efektif karena dapat membuat beras lebih mengembang dan lembut. Beras yang sudah mengembang tidak butuh waktu lama untuk dimasak, ini dapat meminimalisir waktu sekaligus mengurangi tagihan listrik mu.   

3. Gunakan air panas 

BACA JUGA:Tips Mencegah Nasi Menempel di Panci Rice Cooker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: