Wajib Tahu, Ini Manfaat Kolagen untuk Tubuh dan Kecantikan

Wajib Tahu, Ini Manfaat Kolagen untuk Tubuh dan Kecantikan

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh yang menyusun kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Salah satu fungsi kolagen adalah membantu proses penyembuhan luka dengan cara menarik sel-sel kulit baru ke area kulit yang terluka. Dengan begitu, jaringan kulit baru akan lebih cepat pulih dan kuat. 

Kolagen juga bermanfaat membentuk jaringan di beberapa bagian tubuh lain, seperti ligamen, tendon, dan otot yang mengalami cedera.

7. Memperlambat Pertumbuhan Uban

Kolagen berfungsi sebagai antioksidan yang berpotensi memperlambat proses pembentukan uban. Pasalnya, selain dipengaruhi oleh faktor genetik, pembentukan uban juga bisa dipercepat akibat paparan radikal bebas. Sebagai antioksidan, kolagen juga bermanfaat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat efek radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Anda dapat meningkatkan jumlah kolagen dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen seperti, putih telur, buah jeruk, sayuran hijau, dan lain-lain. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: