Daihatsu Luxio, Si Baby Alphard Pintu Geser Namun Harganya Jauh Lebih Murah

Daihatsu Luxio, Si Baby Alphard Pintu Geser Namun Harganya Jauh Lebih Murah

Daihatsu Luxio, Si Baby Alphard Pintu Geser-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dengan dimensi kabin yang cukup lega ini, banyak pengusaha angkutan yang menjadikan Luxio sebagai armada travel eksekutif antar kota. Untuk angkutan jarak jauh, bisa saja ada modifikasi di bagian kursi supaya lebih nyaman. 

Tapi, tidak jarang armada travel menyediakan Luxio dengan kondisi standar pabrik. Dengan kondisi seperti itu, penumpang terpaksa harus duduk berhimpitan dalam waktu lama.

Spesifikasi Mesin dan Performa Daihatsu Luxio

Memasuki area dapur pacu, Daihatsu Luxio generasi terbaru masih tetap mengusung jenis mesin yang sama seperti generasi sebelumnya. Mesin ini juga terdapat pada Daihatsu Terios versi lawas. 

Jenis mesin yang dipergunakan adalah 3SZ-VE 1.500 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVTi, dan berpendingin cairan. Sistem pasokan bahan bakarnya memakai EFI. 

Untuk tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 97 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 134 Nm pada 4.400 rpm. Sistem transmisi yang disodorkan berupa manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Banyak yang mengeluhkan mengenai konsumsi bahan bakar Daihatsu Luxio. Mobil ini dianggap masih terlalu boros untuk ukuran kendaraan MPV. Untuk rute pengendaraan dalam kota, tercatat kalau konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:7 km/liter. 

BACA JUGA:Dipercepat, Mobil Listrik Mitsubishi eK X EV Segera Hadir di Indonesia

Sedangkan untuk rute pengendaraan di jalanan bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:10 km/liter. Sementara untuk rute kombinasi antara jalan bebas hambatan dan jalanan dalam kota, konsumsi bahan bakar Luxio berkisar 1:8-9 km/liter.

Fitur Keamanan dan Keselamatan Daihatsu Luxio

Jangan banyak berharap soal fitur keamanan atau keselamatan dari Daihatsu Luxio. Sebab, dengan basis serupa dengan Gran Max maka fitur yang tersedia pun tak banyak bedanya. Fitur keselamatan yang ada pun sangat standar dan tidak mampu memberikan perlindungan optimal.

Memang berlebihan bila menjuluki Luxio sebagai baby Alphard hanya karena kesamaan konsep boxy dengan pintu geser. Sebab bila ditelisik lebih lanjut, Luxio ini tak ubahnya sebagai pengembangan Daihatsu Zebra Astrea dengan pintu geser di era 90-an. Fitur Keamanan pada Daihatsu Luxio diantaranya: Sabuk pengaman 3 titik, Power door lock, Lampu kabut dan LED high mount stop lamp

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Luxio

Membahas Daihatsu Luxio ini, sebenarnya tidak banyak kelebihan, namun juga kekurangannya tidak parah. Bahasa gampangnya, Luxio adalah minibus murah dengan gaya mewah. Daihatsu mengklaim bila kenyamanan Luxio lebih baik dari Gran Max. Setelan suspensi pada Luxio diperbaiki agar lebih nyaman sebagai mobil keluarga. Kabinnya lega dan dalam kondisi standar bisa mengangkut hingga delapan penumpang.

Dengan basis serupa Gran Max, membuat Daihatsu Luxio perawatannya sangat mudah dengan ketersediaan suku cadang melimpah. Sebab, kembarannya itu biasa digunakan sebagai mobil angkutan kota atau versi pickupnya untuk angkutan barang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: