Makanan Rekomendasi dan Harus Dihindari Bagi Penderita Tuberkulosis

Makanan Rekomendasi dan Harus Dihindari Bagi Penderita Tuberkulosis

Ilustrasi makanan bagi penderita TBC-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. 

Perlu diketahui juga bahwa ada makanan penderita TBC yang harus diperhatikan. Sebagai informasi, pengobatan TB aktif membutuhkan antibiotik yang harus dikonsumsi selama 6 sampai 9 bulan. Selama pengobatan, pasien TBC perlu makan makanan yang sehat dan menghindari makanan tertentu.

Pantangan Makanan Penderita TBC Yang Harus Dihindari

Dalam menjaga kesehatan yang berkaitan dengan penyakit termasuk TBC, terdapat makanan dan zat tertentu yang tidak boleh dikonsumsi. 

Sebab beberapa kandungan dalam makanan tersebut mungkin bisa menghambat pengobatan atau memperburuk kondisi penyakit. Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita TBC:

BACA JUGA:Jangan Asal Konsumsi, Kenali Jenis Minuman Kolegan yang Halal

1. Minuman Beralkohol

Penderita penyakit tuberkulosis sebaiknya menghindari asupan alkohol. Sebab konsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kerusakan hati yag disebabkan oleh penggunaan beberapa obat yang dikonsumsi untuk membantu penyembuhan TBC.

2. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang dikenal juga dengan minuman bersoda merupakan jenis minuman yang juga perlu dihindari oleh penderita TBC.

3. Minuman Berkafein

Selain minuman berkarbonasi, minuman yang mengandung kafein seperti kopi  dan juga teh juga perlu dikurangi atau dihindari oleh penderita TBC.

4. Batasi Konsumsi Produk Olahan

Produk olahan secara umum memang tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan baik untuk penderita TBC maupun tidak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: