Ini Dia Trik Jitu Keuangan agar Terhindar dari Pinjaman Online untuk Anak Muda

Ini Dia Trik Jitu Keuangan agar Terhindar dari Pinjaman Online untuk Anak Muda

Apabila Kamu masih berstatus lajang maka dana darurat yang harus disiapkan yaitu minimal 3x rata-rata pengeluaran bulanan--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Akhir-akhir ini kian marak berita mengenai pinjaman online yang mana telah memakan banyak korban. Menurut data Insititute for Development of Economics and Finance (Indef) pertumbuhan pinjaman online atau pinjol di Indonesia terbilang pesat sekitar 17 persen pada desember 2022 lalu. 

BACA JUGA:Pelet Lintrik, Ini Dia Jenis Ilmu Pelet Paling Berbahaya!

Sayangnya, pertumbuhan tersebut tidak diiringi dengan literasi keuangan terutama kawula muda. Perlu diketahui bahwasannya rata-rata pengguna pinjaman online itu berusia sekitar 20–34 tahun dan yang lebih mengejutkan lagi adalah ternyata tak sedikit pengguna pinjaman online yang berusia dibawah 19 tahun. 

Alasan mengapa pinjaman online masih disenangi hingga sekarang karena proses pengajuannya mudah dan praktis entah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau memenuhi gengsi semata. Namun, Kamu jangan khawatir karena artikel kali ini akan membahas 7 trik keuangan agar terhindar dari pinjaman online. Yuk, Kita simak penjelasannya.

BACA JUGA:Wajib Tau! Ini Dia Perbedaan Air Mineral dan Demineral

Trik Keuangan

1. Mengetahui Besaran Pemasukan dan Pengeluaran Tiap Bulan 

Berapa besar pemasukanmu setiap bulan? Apakah Kamu mempunyai pekerjaan sampingan? Berapa tanggung jawab yang Kamu miliki? Berapa besar pengeluaran pribadi atau keluargamu? Sudahkah dana daruratmu ideal? Pertanyaan-pertanyaan tersebut guna membantu mengidentifikasi kesehatan keuanganmu.  

2. Budgeting 

Budgeting merupakan proses pembuatan anggaran atau perencana keuangan yang ditentukan pada jangka waktu tertentu secara berkala. Tujuannya supaya uang yang dikeluarkan tidak sia-sia, tujuan finansial tercapai sesuai keinginan, dan dana darurat tersedia.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Telur Angsa Busuk, Bisa Penangkal Teluh, Santet dan Guna-guna!

3. Mempunyai Dana Darurat

Namanya juga dana darurat tentu akan dipergunakan apabila Kamu mengalami kondisi genting seperti kecelakaan, dengan begitu Kamu tidak akan mengganggu keuangan lain apalagi berpikir untuk mengambil pinjaman dalam jumlah besar. 

 “Berapa dana yang harus disiapkan?”, melansir dari situs tanamduit, jumlah dana yang harus disiapkan bergantung pada jumlah tanggungan dalam rumah tangga (lajang, menikah belum punya anak, atau menikah sudah punya 1 anak). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: