5 Tips Mudah Hindari Pinjol Ilegal, Jangan Sampai Anda Jadi Korban

5 Tips Mudah Hindari Pinjol Ilegal, Jangan Sampai Anda Jadi Korban

Jeratan pinjol ilegal yang mengeksploitasi konsumen-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Fenomena pinjaman online (Pinjol) bodong semakin meresahkan masyarakat. Kendati demikian Pinjol merupakan solusi cepat dalam mengatasi kebutuhan finansial. 

Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap penggunaan aplikasi pinjol dapat membuat masyarakat semakin dirugikan, terlebih sebagian masyarakat Indonesia belum memahami perbedaan aplikasi pinjol legal dan ilegal.

Aplikasi Pinjol ilegal sangat merugikan dan cenderung mengeksploitasi konsumen sehingga membuat konsumen lebih memilih kabur dibanding melunasi hutangnya. 

Nah, maka dari itu penting untuk dapat membedakan Pinjol legal dan ilegal. Ada beberapa tips agar terhindar dari pinjol ilegal. Yuk, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Bebas Riba, 7 Rekomendasi Pinjaman Online Syariah Langsung Cair

1. Periksa Status Legal dan Registrasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan status legalnya. Pinjol yang legal harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan untuk memeriksa status legal pinjol tersebut di situs resmi OJK atau melalui aplikasi "OJK Watch." Jika pinjol tersebut tidak terdaftar, sebaiknya hindari untuk bertransaksi dengan mereka.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Dengan Cermat dan Teliti 

Platform pinjaman online yang legal selalu menyediakan informasi syarat dan ketentuan secara transparan. Bacalah dengan seksama setiap detail, termasuk bunga, biaya administrasi, dan klausul lainnya. Hindari pinjol yang tidak menyediakan informasi ini atau memberikan informasi yang ambigu dan meragukan.

BACA JUGA:Melalui Livin' by Mandiri, Begini 4 Cara Bayar Virtual Account Mandiri Dengan Gampang

3. Cek Bunga dan Biaya yang Wajar

Pinjol ilegal cenderung memberikan penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti bunga rendah yang tidak masuk akal atau biaya administrasi yang sangat murah. Oleh karena itu, selalu cermati besaran bunga dan biaya yang dikenakan. Pinjol legal akan menyajikan informasi ini dengan jelas dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

4. Cek Review dan Reputasi

Baca review dari pengguna sebelumnya atau mencari informasi tentang reputasi pinjol secara online. Platform legal biasanya memiliki ulasan positif dan umpan balik yang membangun kepercayaan. Sebaliknya, jika banyak pengguna mengeluhkan pelayanan atau praktik bisnis pinjol tertentu, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka tidak dapat diandalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: