Ratusan Pelamar Pekerjaan Padati Job Fair 2023, Ada Permagangan Keluar Negeri Hingga Pekerja Bagi Disabilitas

Ratusan Pelamar Pekerjaan Padati Job Fair 2023, Ada Permagangan Keluar Negeri Hingga Pekerja Bagi Disabilitas

Ratusan masyarakat Bengkulu padati jobĀ fairĀ 2023 di area Bencoolen Mall Bengkulu-(foto: tri/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Para pencari kerja, Rabu pagi (11/10/2023), tampak memadati Evenue Bencoolen Mall lantai 1 dengan agenda job fair (bursa kerja) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu.

Sedikitnya ada 20 lowongan pekerjaan yang dibuka pada job fair 2023 ini. Bahkan ada pula permagangan yang nantinya akan diperkerjakan di Jerman dan Jepang.

Edwar Happy selaku Kepala Dinas Disnakertrans Provinsi Bengkulu mengungkapkan, sebanyak 600 orang memadati Evenue Bencoolen Mall hari ini.

Job fair ini sambungnya, hanya dibuka satu hari. Sehingga masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mencari peluang kerja yang cocok untuk dirinya.

BACA JUGA:Kemendagri Bakal Evaluasi Pj Walikota Bengkulu

"Kurang lebih 600 orang yang hadir dengan 20 lowongan pekerjaan yang tersedia disini. Mulai dari loker perusahaan hingga permagangan keluar negeri. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari," ujar Edwar Happy.

Masih kata Edwar Happy, job fair tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana, sejumlah perusahaan yang hadir menyediakan pekerjaan bagi mereka yang disabilitas. 

Sedangkan untuk teknisnya, ujar Edwar diserahkan pada perusahaan masing-masing. Namun, pada disabilitas diharapkan dapat menyesuaikan dengan kemampuannya masing-masing.

"Kegiatan job fair 2023 ini ada yang khusus untuk para disabilitas yang jumlahnya tidak dibatasi. Untuk disabilitas ini teknisnya ada di pihak perusahaan. Artinya kita berharap sesuaikan dengan kondisi dan keadaan mereka. Selain itu, masukkan untuk menerima pekerja yang disabilitas juga tahun ini. Tetapi  di sejumlah perusahaan di Bengkulu sudah menerapkan pekerja  yang disabilitas," tambahnya.

BACA JUGA:Tak Diizinkan Berjualan, Pedagang Unib Belakang 'Ngadu' ke Dewan

Edwar juga menambahkan, dengan terselenggaranya job fair 2023 ini diharapkan dapat menyerap seluruh calon pekerja yang ada di Bengkulu sehingga angka pengangguran menurun.

"Kita berharap loker yang dibuka sebanyak 575 ini dapat terserapkan. Sehingga pengangguran berkurang, sesuai arahan gubernur, setiap tahun kegiatan ini akan kita laksanakan," tutup Edwar Happy. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: