Atasi Pengangguran, Pemprov Bengkulu Akan Buka Job Fair

Atasi Pengangguran, Pemprov Bengkulu Akan Buka Job Fair

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Dr H Syarifudin, Msi-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski angka pengangguran di Provinsi Bengkulu alami penurunan, tapi Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu akan terus menekan angka pengangguran tersebut.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu Dr Syarifudin mengungkapkan, salah satu upaya untuk menekan angka pengangguran di Provinsi Bengkulu dengan cara membuka lapangan pekerjaan alias job fair.

Syarifudin juga menyebutkan, jumlah warga yang tidak bekerja atau pengangguran di bengkulu saat ini mencapai 32 ribu lebih dan  didominasi oleh usia produktif dari 18-30 tahun.

"Untuk menekan angka pengangguran ini Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan job fair yang  akan digelar dalam waktu dekat," ujar Syarifudin, Jumat (24/5/2024).

BACA JUGA:Program Magang ke Jepang Masuki Tahap Seleksi, Jumlah Pelamar Tembus Ratusan Orang

Dari data yang dihimpun, angka pengangguran di Bengkulu saat ini mencapai 3,21 persen dari angkatan kerja 1 juta 119 orang  atau sekitar 32 ribu lebih warga Bengkulu tidak bekerja atau pengangguran.

Oleh sebab itu, sambungnya, Pemprov Bengkulu sedang mendata perusahaan yang akan membuka lowongan pekerjaan.

Pasalnya, pada tahun 2023 lalu jumlah pelamar yang terserap pekerjaan dari job fair kurang 300 orang. Sehingga dibutuhkan perencanaan yang matang agar penyerapan tenaga kerja yang maksimal.

"Nantinya akan disiapkan kuota dan syarat bagi pelamar ikut job fair. Dipastikan terdapat mekanisme yang berbeda untuk memastikan banyak pelamar job fair yang terserap," pungkasnya. (Tri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: