Tanpa Operasi, Begini Cara Alami dan Herbal Atasi Batu Ginjal

Tanpa Operasi, Begini Cara Alami dan Herbal Atasi Batu Ginjal

Jus seledri bisa atasi penyakit batu ginjal -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyakit batu ginjal adalah kondisi ketika terdapat endapan padat seperti batu di dalam ginjal. 

Apabila ukuran batu tersebut cukup besar, biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk menjalani operasi. 

Namun, jika batu ginjal masih berukuran kecil dengan diameter di bawah 4 milimeter, kondisi ini dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat serta pemberian obat batu ginjal tanpa operasi.

Pengobatan batu ginjal tanpa operasi, bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang diketahui baik bagi kesehatan ginjal. Namun, anda tetap disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, guna meminimalkan efek samping yang mungkin saja dapat terjadi.

BACA JUGA:Begini Tips Cara Tidur Cerdas Nyenyak untuk Kinerja Berkualitas

1. Air Mineral

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu cara membantu kerja ginjal lebih lancar sehingga endapan mineral yang menyebabkan batu ginjal tidak terbentuk. Memperbanyak asupan air juga dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu yang tertahan di ginjal melalui ureter.

Pasalnya, air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mempercepat produksi urine. Urine itulah yang nantinya akan mendorong batu ginjal keluar dari tubuh. Pengobatan batu ginjal tanpa operasi dengan cara ini akan efektif jika batu ginjal masih berukuran kecil.

Selain itu, mengkonsumsi air secara rutin juga akan mengurangi risiko dehidrasi yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya batu ginjal. Maka dari itu, mulai biasakan minum air setidaknya dua liter setiap hari.

BACA JUGA:Tips Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat, Jangan Sampai Cuci Darah

2. Jus Seledri dan Akar Dandelion

Jus seledri terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk sebagai obat alami untuk mengeluarkan batu ginjal. Seledri merupakan salah satu jenis sayuran penghancur batu ginjal yang mengandung antioksidan dan memiliki efek diuretik yang dipercaya dapat meningkatkan produksi urine, sehingga juga bisa mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal baru.

Sementara itu, jus akar dandelion dapat mendorong produksi cairan empedu yang membantu tubuh mengeluarkan limbah, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan juga memiliki senyawa yang dapat memberikan efek diuretik untuk meningkatkan produksi urine. Namun, hindari mengonsumsi minuman ini bersamaan dengan obat antibiotik, pengencer darah, atau diuretik. Atau, konsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

3. Air lemon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: