Tanpa Operasi, Begini Cara Alami dan Herbal Atasi Batu Ginjal

Tanpa Operasi, Begini Cara Alami dan Herbal Atasi Batu Ginjal

Jus seledri bisa atasi penyakit batu ginjal -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Air lemon rupanya tidak hanya menyegarkan tetapi juga bisa menjadi obat batu ginjal alami. Pasalnya, senyawa asam sitrat yang terdapat dalam air lemon dapat menghancurkan batu ginjal yang masih berukuran kecil sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui urine. Selain itu, rutin mengonsumsi air lemon yang tinggi akan vitamin C juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Pastikan Anda telah mencuci buah lemon dengan bersih sebelum memeras airnya.

BACA JUGA:Jantung Sehat, Ginjal Terlindungi

4. Jus Buah Delima

Jus buah delima sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu obat alami untuk meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Bahkan, minuman satu ini juga bisa membantu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Buah delima mengandung senyawa punicalagin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang berperan dalam mencegah terjadinya batu ginjal. Mengkonsumsi jus delima secara rutin juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine sehingga mengurangi risiko munculnya batu ginjal di kemudian hari.

5. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dipercaya efektif memecah dan melarutkan batu ginjal berukuran kecil. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat membantu meringankan rasa nyeri dan peradangan akibat batu ginjal.

Meski begitu, konsumsi cuka apel secara berlebihan justru dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan kerusakan enamel gigi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: