Apa Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Apa Manfaat Serai Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Serai dapat membantu memperlancar kesehatan kewanitaan salah satunya melancarkan menstruasi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain membantu menambah rasa sedap dan wangi pada masakan, serai juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tak heran jika serai juga dikenal sebagi obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit pada tubuh. 

Bahan dapur yang memiliki nama latin Cymbopogon Citratus ini memiliki kandungan yang dapat memberikan efek baik untuk kesehatan, seperti zat antioksidan, anti-inflamasi, dan antijamur.

Rempah yang sering digunakan sebagai penyedap masakan ini dipercaya mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, bahkan mencegah terjadinya kanker.

BACA JUGA:Dikonsumsi Sebagai Teh Herbal, Simak Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Bagian serai yang dimanfaatkan adalah batang dan minyaknya, pengolahan serai untuk obat diproduksi dalam bentuk cairan untuk diminum, dihirup sebagai aromaterapi, ataupun langsung dioleskan ke kulit.

Penggunaan serai aman dikonsumsi untuk jumlah yang sewajarnya, tetapi menjadi peringatan bagi ibu hamil untuk tetap waspada dan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi.

Hal ini dikarenakan serai dapat membantu memperlancar kesehatan kewanitaan salah satunya melancarkan menstruasi.

Sehingga dikhawatirkan akan berpengaruh pada kondisi janin selama kehamilan.

BACA JUGA:Bikin Awet Muda, Intip 8 Manfaat Konsumsi Bunga Telang

Manfaat Serai untuk Kesehatan

Tanaman serai sudah dikenal masyarakat dalam bidang kesehatan. Berikut ragam manfaat serai untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya bersama.

1. Gangguan pencernaan

Kandungan antimikroba dan antibakteri dapat melawan bakteri patogen yang dapat menyebabkan infeksi pada bagian perut. Bakteri tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit, diare,dan mual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: