Tips Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat, Jangan Sampai Cuci Darah

Tips Menjaga Ginjal Agar Selalu Sehat, Jangan Sampai Cuci Darah

Gagal ginjal akut terjadi karena tubuh mengkonsumsi terlalu banyak taurin yang terkandung dalam minuman berenergi --

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ginjal merupakan orang tubuh manusia yang sangat penting karena bermanfaat untuk menyaring darah. Namun tidak sedikit orang yang mengenyampingkan pentingnya menjaga kesehatan Ginjal malah sampai ada yang harus melakukan cuci darah.

BACA JUGA:Rezeki Bisa Lancar dan Bisa Juga Seret, Ustadz Abdul Somad Beberkan Penyebabnya

Dalam artikel kali ini akan dibahas tips menjaga kesehatan ginjal. Dilansir dari akun live instagram dr.doddy rizqi  berikut tips menjaga kesehatan ginjal:

Pertama, Minum Air Putih sebaiknya berdasarkan kebutuhan tubuh.

Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan 40 cc per kilogram berat badan, contohnya 60 kg membutuhkan air sebanyak 2400 cc. Seperti yang kita ketahui bahwa berat badan manusia sekitar 60-70% terdiri dari air. Air membantu ginjal membuang limbah dari darah dalam bentuk urine.

BACA JUGA:7 Peluang Bisnis di Desa yang Belum Banyak Pesaing, Sekali Panen Hasinya Puluhan Juta

Kedua, hindari minum obat-obatan dan vitamin termasuk obat anti nyeri dan antibiotik. Karena kalo berlebihan maka kerja ginjal semakin berat. Minum obat medis secara umum aman bagi kesehatan ginjal asal mengikuti dosis dan anjuran pemakaian.

Ketiga, kurangi atau hindari minuman yang berpengawet maupun minuman berenergi. Konsumsi minuman berenergi secara berlebihan atau dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko kerusakan pada ginjal, misalnya gagal ginjal akut atau gagal ginjal kronis.

BACA JUGA:BRIguna Pendidikan, Pinjaman Khusus Mahasiswa Limit Hingga Rp 250 Juta, Ini Syarat dan Cara Pengajuannya

Gagal ginjal akut terjadi karena tubuh mengkonsumsi terlalu banyak taurin yang terkandung dalam minuman berenergi yang menyebabkan naiknya tekanan darah dan terjadinya gangguan aliran darah pada ginjal.

Keempat, lakukan pengecekan rutin tekanan darah, gula darah dan asam urat.

Pemeriksaan rutin dapat mengurangi resiko penyakit kesehatan potensial yang berbahaya. Dokter dapat menyarankan berbagai tes dan skrining pencegahan untuk membantu mendeteksi resiko penyakit apapun kepada pasien. Jadi kita harus meninggalkan pikiran takut melakukan pemeriksaan rutin karena pada dasarnya pemeriksaan rutin sama pentingnya dengan olahraga.

BACA JUGA:Pinjaman Modal Usaha UMKM Hingga Rp 2 Miliar, di Pinjol GandengTangan Legal OJK 2023

Cara mengetahui ginjal kita sehat cukup sederhana yaitu dengan melihat urine yang jernih, tidur nyenyak, tidak ada kram atau bengkak di bagian tubuh. Sekarang sudah tau kan cara menjaga kesehatan ginjal? Selain itu perlu diketahui kapan orang dikatakan sampai harus melakukan cuci darah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: