BANGGA! Rawon Jadi Sup Paling Istimewa di Dunia

BANGGA! Rawon Jadi Sup Paling Istimewa di Dunia

Sebagai makanan khas Jawa Timur, rawon jadi sup paling istimewa di dunia tahun 2023 versi Taste Atlas, --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Chef Norman Ismail sepakat sepenuhnya bahwa rawon jadi sup paling istimewa di dunia. Alasannya tentu karena rawon menghasilkan cita rasa unik yang berasal dari salah satu rempah Indonesia, yaitu kluwek.

Koki yang popularitasnya semakin melambung lewat ajang MasterChef Indonesia musim 9 ini menjelaskan bahwa kluwek memberikan sentuhan istimewa. Berasal dari bumbu yang mengalami proses fermentasi, sehingga menyerupai campuran anggur atau alkohol. 

BACA JUGA:AYO GERCEP! Klaim Dana Kaget Hari Ini 31 Agustus 2023, Ada Saldo DANA Gratis Rp70.000

Padahal, kluwek sendiri adalah suatu tumbuhan segar dan bukan termasuk bumbu atau bahan yang telah difermentasi. 

“Kluwek sebenarnya tidak mengalami proses fermentasi, melainkan masih segar. Kami menggunakan kluwek dan bahan-bahan lainnya untuk membuat sup ini,” ujar Chef Norman.

BACA JUGA:Gampang Banget Nih! Saldo DANA Gratis Rp500.000 Langsung Cair ke Dompet Digital DANA, Gopay atau OVO

Mirip Anggur, Jadi Favorit Bule

Menurut Chef Norman, di luar negeri, orang sering menggunakan anggur atau alkohol dalam masakan untuk memberikan cita rasa istimewa. Tak heran jika rawon jadi sup paling istimewa di dunia, karena memiliki keunikan dan sensasi yang berbeda.

Chef Norman menambahkan, tip terbaik agar rasa rawon semakin lezat adalah dengan menggunakan kluwek yang matang sempurna. Cirinya adalah ketika kulit kluwek dibuka, teksturnya menyerupai krim atau pasta hitam. “Kluwek harus benar-benar empuk, teksturnya mirip pasta dan memiliki aroma yang khas,” papar Chef Norman.

BACA JUGA:Belanja di TikTok Shop Bayar Lewat DANA dan Gopay, Bisa Kok..!!

Sebagai catatan penting, umumnya orang harus mengolah kluwek terlebih dahulu, dengan menghaluskan dan membuat tumis hingga matang.  “Gunakan api kecil agar aroma harumnya perlahan-lahan muncul dan menyatu dengan bahan lainnya,” tutup Chef Norman.

Lebih Enak dari Ramen Jepang

Sebagai makanan khas Jawa Timur, rawon jadi sup paling istimewa di dunia tahun 2023 versi Taste Atlas, mengungguli ramen Jepang dan hot pot Taiwan. Pengumuman ini berasal dari situs panduan kuliner Kroasia pada bulan Juli 2023, berdasarkan peringkat pembaca dengan skala 1-5, dan rawon meraih skor 4,8.

BACA JUGA:Begini Jawaban Nagita Slavina Saat Ditanya Jadi Pawang Raffi Ahmad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: