7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

7 Penyebab Rambut Ubanan di Usia Muda! Begini Cara Mencegahnya

mencegah rambut ubanan di usia muda--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyebab tumbuh uban di usia muda penting untuk diketahui. Mengingat uban atau rambut putih yang tumbuh dalam jumlah banyak pada rambut anak muda akan mengganggu penampilan dan menurunkan rasa kepercayaan diri.

Penyebab tumbuh uban di usia muda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik genetik hingga pola hidup yang kurang sehat. 

Biasanya uban pada rambut dapat muncul ketika seseorang menginjak usia 40 tahun ke atas. Namun, ada beberapa kasus, uban atau rambut putih dapat muncul di usia muda.

Dengan mengetahui penyebab tumbuh uban di usia muda dapat membantu mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Munculnya uban di usia muda adalah hal yang wajar terjadi, hingga terdapat sebuah istilah uban tumbuh prematur.

Namun, munculnya uban di usia muda bisa saja mengurangi rasa percaya diri karena mengganggu penampilan atau menjadi bahan candaan. Lantas, apa saja penyebab munculnya uban di usia yang masih terlampau muda?

1. Stres oksidatif

Stres oksidatif dalam tubuh juga menjadi salah satu proses yang bisa menjadi penyebab munculnya uban di usia muda.

Seseorang yang mengalami stres oksidatif dalam tubuhnya, akan terjadi ketidakseimbangan , hal tersebut terjadi karena antioksidan tidak mencukupi untuk menangkal radikal bebas.

Sedangkan radikal bebas merupakan molekul yang bisa merusak sel dan menyebabkan penuaan juga bisa menjadi penyebab penyakit.

BACA JUGA:5 Cara Alami Mewarnai Rambut Ubanan, Hemat dan Sehat

2. Mengalami gangguan kelenjar tiroid

Gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid dapat mengakibatkan munculnya uban di usia muda. Hal tersebut disebabkan karena tiroid adalah kelenjar yang berfungsi dalam menjaga metabolisme tubuh serta mengontrol warna rambut.

3. Menggunakan produk kimia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: