Hendak Berkurban, Ini Larangan-larangan yang harus Dijauhi

Hendak Berkurban, Ini Larangan-larangan yang harus Dijauhi

Pemilihan hewan untuk berkurban perlu memenuhi syarat sesuai dengan tutunan syariat -Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kurban merupakan salah satu ibadah umat Islam. Hukum dari ibadah Kurban adalah sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam yang memiliki kemampuan untuk berkurban.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal atau larang yang harus dipatuhi oleh umat Islam yang akan melaksanakan ibadah kurban.

Dikutip Bengkuluekspress.com dari kanal Youtube Istana Ilmu, setidaknya ada 5 larangan yang harus dijauhi umat Islam yang akan melakukan ibadah kurban.

BACA JUGA:Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Sebaiknya Sendiri atau Diwakilkan?

BACA JUGA:Bolehkah Hutang untuk Membeli Hewan Kurban?

Larangan-larangan untuk umat Islam yang akan melaksanakan kurban adalah:

1. Jangan Salah Niat

Orang yang akan melaksanakan kurban jangan sampai salah niat, karena niat merupakan awal dari segala amal perbuatan. Dari niat juga menentukan apakah amal perbuatan tersebut akan diterima oleh Allah SWT atau tidaknya.

"Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan," (HR Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, bagi yang ingin berkurban, hendaklah ia meniatkan agar ibadah kurban yang ia lakukan hanya untuk mengharap ridho Allah SWT.

2. Tidak Metong Kuku dan Rambut

Ketika seseorang akan melaksanakan ibadah kurban, maka ia dilarang untuk mencukup rambut dan memotong kukunya. Hal tersebut sesuai hadist Rasulullah SAW. "Siapa saja yang ingin berkurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijjah yaitu mulai 1 Dzulhijjah maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berkurban," (HR Muslim).

BACA JUGA:Kurban Atau Aqiqah Dulu, Begini Penjelasan Ulama!

BACA JUGA:Wajib Tahu! 6 Syarat Hewan Kurban sesuai Sunnah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: