Wajib Tahu! 6 Syarat Hewan Kurban sesuai Sunnah

Wajib Tahu! 6 Syarat Hewan Kurban sesuai Sunnah

hewan kurban--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang Idul Adha, banyak umat muslim yang menjadikan momentum untuk menyempurnakan ibadahnya dengan melaksanakan sunnah ibadah kurban

Sebelum membeli, pastikan kamu tahu apa saja syarat hewan kurban yang sah dan baik. Ada syarat yang harus dipenuhi sehingga ibadah kurban kita tidak sia-sia dan berjalan sesuai syariat.

Lantas apa saja syarat hewan kurban bagi umat Islam? Berikut jawabannya:

1. Jenis Hewan untuk Kurban

Syarat pertama dari hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan kurban adalah bahimatul an’am atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti hewan ternak, dan hewan ternaknya pun tidak boleh sembarangan. Untuk contohnya sendiri adalah beberapa hewan yang telah disebutkan di atas tadi.

Terkait syarat pertama ini tidak dapat dibantah atau ditawar lagi karena sudah sangat jelas disebutkan di dalam Al-Qur’an tepatnya pada surat Al-hajj ayat ke-34.

Maka dengan kata lain, hewan selain daftar di atas tadi tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban, misalnya saja ayam, bebek, angsa, kelinci, dan jenis lainnya meskipun bisa dibilang hewan-hewan ini juga termasuk dalam kategori hewan yang sebenarnya boleh diternak dan memang sudah umum diternak.

BACA JUGA:Patungan Hewan Kurban Bisa Tidak Sah, Begini Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

2. Usia dari Hewan Kurban

Selain jenis hewan, agama Islam juga mengatur tentang usia dari hewan ternak yang dipilih untuk dijadikan kurban tadi.

Jika usianya tidak sesuai dengan syarat hewan kurban sesuai agama Islam maka kurban yang telah dilakukan akan dianggap tidak sah, jadi pastikan untuk mengetahui hal ini. Berikut daftar usia hewan yang cukup untuk kurban berdasarkan jenisnya:

  • Usia 2 tahun untuk kerbau dan sapi
  • Usia 5 tahun atau lebih untuk unta
  • Usia minimal 1 tahun untuk domba (atau gigi domba sudah berganti)
  • Usia 2 tahun untuk kambing

3. Kondisi Fisik dan Kesehatan Hewan

Tidak hanya jenis dan usia hewan namun kondisi fisik dan juga kesehatan dari hewan yang akan dikurbankan harus diperhatikan. Terkait hal ini agama Islam mewajibkan bahwa hewan kurban harus dalam keadaan seperti berikut:

Tidak Cacat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: