Begini Cara Melacak HP dengan Gmail dan Google Maps!

Begini Cara Melacak HP dengan Gmail dan Google Maps!

yang hilang atau sekadar lupa tempat menaruhnya saja bisa menjadi bencana bagi sebagian orang-Bengkulu Ekspress-Istimewa

Untuk mengaktifkan opsi ini bisa dilakukan dengan cara, pilih opsi Lock, lalu masukkan kata sandi. Kemudian masukkan nomor yang dapat dihubungi saat ponsel ditemukan.

Jika HP Anda menyimpan data penting yang sifatnya rahasia, Anda dapat memilih opsi Erase. Dengan memilih opsi Erase, semua data yang tersimpan dalam HP yang hilang itu akan terhapus secara otomatis.

Ketika opsi erase dipilih, maka secara otomatis akan data yang terdapat di smartphone akan terhapus, mulai foto, video hingga aplikasi. Namun jika kondisi ponsel dalam keadaan mati, fitur erase akan berfungsi usai ponsel dihidupkan kembali.

Penting untuk dicatat, fitur Erase akan membuat data dalam HP yang hilang terhapus secara permanen dan tidak bisa dipulihkan.

Melacak HP yang Mati dengan Gmail

Lalu bagaimana jika HP yang hilang ternyata dalam kondisi mati? Masihkah bisa dilacak? Jawabannya adalah, ya. Meski HP hilang dalam kondisi mati, Anda masih tetap bisa melacaknya.

BACA JUGA:Cetak Hattrick, Timnas Voli Putra Indonesia Raih Emas SEA Games

Setiap perangkat Android yang ditautkan ke akun Google dapat dilacak melalui layanan Google Find My Device. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi Find My dari Apple dan memungkinkan Anda untuk tidak hanya melakukan ping ke ponsel Android Anda yang salah tempat tetapi juga mengunci atau menghapus kontennya.

Cara melacak HP dengan Gmail, yang kondisinya mati adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs web Temukan Perangkat Saya Google di komputer atau ponsel lain.
  2. Masuk ke akun Google yang sama dengan yang ada di ponsel Anda yang dicuri atau hilang.
  3. Anda dapat melihat perangkat yang kompatibel di sebelah kiri, termasuk ponsel Anda yang hilang dengan lokasi terakhirnya yang diketahui di sebelah kanan.
  4. Dengan asumsi ponsel Anda telah dimatikan, Anda hanya akan dapat melihat lokasi terakhir kali melakukan ping ke Google.

Itu mungkin cukup jika ponsel Anda hilang daripada dicuri. Jika seseorang menemukan dan menghidupkan ponsel Anda, Anda dapat dengan mudah melakukan ping, mengunci, atau menghapusnya.

Lacak dengan Google Maps

Cara lain untuk melacak HP Anda yang hilang adalah dengan melihat Google Maps Timeline. Mengingat bagaimana kita sering membawa HP kemana saja, ada kemungkinan besar bahwa Google Maps memiliki riwayat mendetail di mana ponsel Anda berada—selama Anda mengaktifkan Riwayat Lokasi di Google Maps pada perangkat.

BACA JUGA:Gus Baha : Berdagang Adalah Cara Efektif Membuka Pintu Rezeki

Timeline Google Maps menampilkan setiap rute yang Anda ambil dan setiap toko yang Anda kunjungi. Meskipun ini bukan kasus penggunaan yang dimaksudkan, ini adalah cara yang bagus untuk menemukan perangkat Android Anda yang hilang atau salah tempat.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Di komputer atau ponsel, buka Google Maps dan masuk ke akun Google Anda.
  • Klik ikon menu dan pilih Timeline Anda dari opsi. Ini akan memunculkan riwayat perjalanan terbaru Anda.
  • Untuk mempersempit pencarian Anda, pilih tanggal Anda kehilangan ponsel menggunakan menu drop-down.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: