Cetak Hattrick, Timnas Voli Putra Indonesia Raih Emas SEA Games

Cetak Hattrick, Timnas Voli Putra Indonesia Raih Emas SEA Games

Superioritas tim voli Indonesia di SEA Games membuahkan hasil medali emas-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Timnas voli putra Indonesia mencatat hattrick emas usai menjuarai SEA Games 2023. Mereka mengalahkan tuan rumah Kamboja 3-0 (25-21, 25-10, 25-15) di Olympic Complex Indoor Main Hall, Senin (8/5/2023) malam WIB.

Ini adalah kali kedua Indonesia merebut emas SEA Games dari voli putra pada tiga edisi beruntun. Ketika pertama melakukannya, Tim Merah Putih bahkan menduduki podium tertinggi empat kali berturut-turut, tepatnya pada 1987-1993. Thailand menyamai capaian tersebut pada 2011-2017, sebelum Indonesia kini mencetak hattrick.

BACA JUGA:Gus Baha : Berdagang Adalah Cara Efektif Membuka Pintu Rezeki

Uniknya, laju Indonesia kali ini dicapai usai menaklukkan penyelenggara di partai puncak. Sebelum Kamboja 2023, timnas voli putra Indonesia mengalahkan Filipina (2017) dan Vietnam (2019) pada final.

Capaian tersebut sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai negara tersukses pada voli putra SEA Games. Merah Putih sudah menghasilkan 12 emas, meninggalkan Thailand yang delapan kali berjaya.

Timnas voli putra Indonesia unggul 4-1 di awal laga. Rivan Nurmulki dan kawan-kawan kemudian mampu mempertahankan keunggulan 2-3 poin, sebelum melesat 9-4.

BACA JUGA:6 Deretan Pemain Voli Berparas Cantik, Kalau Main Bikin Riuh Pertandingan!

Dominasi timnas terus terjaga dengan skor 13-7 dan 16-10. Kamboja sempat memangkas selisih jadi 13-16, tapi timnas kembali menjauh 19-14.

Laga kembali sengit dengan Kamboja mengejar 18-20. Persaingan ketat berlanjut sebelum akhirnya Indonesia memetik dua poin terakhir untuk merebut set pertama.

Superioritas Indonesia berlanjut di set berikutnya. Tancap gas 9-0, keunggulan timnas bahkan sempat mencapai dua dijit 14-4. Selisih makin melebar 20-7 sebelum Indonesia mengamankan set kedua. 

BACA JUGA:Doa dan Zikir Pembuka Rezeki di Pagi Hari

Dalam kondisi terdesak, Kamboja tidak membiarkan Indonesia melenggang di set ketiga. Namun, tuan rumah tetap tidak mampu menandingi Tim Merah Putih.

Sempat mengimbangi pada awal permainan, Kamboja mulai tercecer 5-13. Selisih delapan poin berlanjut hingga 11-19 dan 15-23. Di titik ini Indonesia tidak terbendung dan memetik dua poin tersisa untuk merebut emas.

Jaga Tradisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: