Ini Dia Dampak Negatif BBM yang Kamu Pakai Tiap Hari

Ini Dia Dampak Negatif  BBM yang Kamu Pakai Tiap Hari

--

5. Mempengaruhi Iklim

Udara yang telah tercemar oleh gas-gas berbahaya nantinya akan mempengaruhi iklim dunia. Dimana gas-gas tersebut nantinya akan terkumpul dalam lapisan atmosfer yang lama kelamaan akan mengendap disana. Hal ini tentunya akan membuat lapisan ozon menjadi tidak stabil dan terjadinya perubahan iklim seperti musim hujan yang sangat lama serta musim panas yang sangat ekstrim. 

6. Hujan Asam

Pada proses pembakaran minyak bumi tentunya akan melepaskan gas yang berupa CO2, NO2 dan SO2 (sulfur) yang dari ketiga gas tersebut nantinya akan menyebabkan terjadinya hujan asam. Nitrogen oksida yang melepaskan gas nitrogen nantinya di udara akan menggumpal kemudian dibawa hujan menjadi asam nitrat yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat menyebabkan besi menjadi mudah berkarat, bangunan menjadi cepat rusak dan apabila terkena kulit akan menimbulkan iritasi, termasuk tanaman menjadi mudah layu.

Solusi 

Pemanasan global dan polusi udara dapat diminimalisir dengan cara penghijauan di beberapa tempat seperti di perkotaan, disekitar pabrik dan di tempat-tempat yang memang menghasilkan karbon dioksida. Selain itu juga perlu digalakkan energi alternatif yang ramah lingkungan seperti bioetanol maupun tenaga listrik yang didapat dari panel surya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dampak penggunaan minyak bumi berlebihan