Ini Dia Dampak Negatif BBM yang Kamu Pakai Tiap Hari

Ini Dia Dampak Negatif  BBM yang Kamu Pakai Tiap Hari

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejak ditemukannya minyak bumi sebagai bahan bakar minyak (BBM). Dunia industri menjadi semakin bergeliat dan tumbuh pesat. Banyak mesin diciptakan termasuk kendaraan bermotor dengan minyak bumi sebagai bahan bakar.

Mobilitas segala pekerjaan menjadi semakin dimudahkan. Akan tetapi penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar secara berlebihan juga tidak baik. Berikut dampak negatif dari penggunaan minyak bumi sebagai bahan bakar antara lain sebagai berikut, yang dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Pemanasan Global

Penggunaan minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan ataupun dalam perindustrian, mengeluarkan karbon dioksida dapat menyebabkan terjadinya pencemaran. Selain hal tersebut, karbon dioksida yang dihasilkan juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global yang nantinya juga akan mempengaruhi lapisan ozon. 

BACA JUGA:Sering Dengar Istilah Ghosting? Apa Sih Arti Sebenarnya? Ini Penjelasanya

BACA JUGA:Kamu Disengat Lebah? Ini Cara Pertolongannya!

2. Pencemaran Air

Proses pengeboran dan distribusi minyak bumi salah satunya berada di lepas pantai tidak jarang terjadi kebocoran maupun minyak tumpah ke air laut. Hal ini tentu akan mengganggu ekosistem air laut. Tidak hanya itu, juga mencemari perairan disekitarnya yang dapat menyebabkan keanekaragaman hayati laut menjadi banyak yang mati. 

3. Pencemaran Udara

Asap yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor nantinya akan membuat udara menjadi tercemar dan menjadi udara yang tidak sehat. Banyak kota besar di seluruh dunia yang sudah melewati ambang batas polusi udara, termasuk Jakarta. Agar pencemaran udara tidak begitu parah, maka sebaiknya perlu adanya penanaman pohon di daerah yang sering dilalui.

4. Mengganggu Kesehatan

Asap yang berasal dari kendaraan ataupun pabrik industri akan menyebabkan gangguan kesehatan mengetahui asap tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya. Selain bagian tubuh dalam yang mengalami gangguan, bagian luar tubuh seperti kulit akan mengalami iritasi apabila terlalu sering terkena dari asap tersebut. Maka dari itu sebaiknya apabila bepergian disarankan untuk memakai pakaian yang menutup tubuh seperti jaket, celana panjang dan masker.

BACA JUGA:Kebiasaan Gigit Kuku? Ada Makhluk Menjijikan Jika Dilihat dari Mikroskop

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini Dia Penyebab Stunting pada Anak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dampak penggunaan minyak bumi berlebihan