Tim Kemendagri Cek Kesiapan Mal Pelayanan Publik Bengkulu Tengah

Tim Kemendagri Cek Kesiapan Mal Pelayanan Publik Bengkulu Tengah

Tim dari Kemendagri memantau langsung seluruh loket pelayanan yang tersedia demi memastikan agar seluruh pelayanan bekerja dengan baik-tim dari Kemendagri memantau langsung seluruh loket pelayanan yang tersedia demi memastikan agar seluruh pelayanan bekerja dengan baik-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim dari Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI melakukan pengecekan terhadap kesiapan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Benteng, Kamis (23/2/2023).

Melalui kesempatan itu, tim dari Kemendagri memantau langsung seluruh loket pelayanan yang tersedia demi memastikan agar seluruh pelayanan bekerja dengan baik. Tak hanya loket pelayanan, fasilitas serta sarana dan prasarana (Sapras) gedung MPP serta koneksi internet yang tersedia.

Pranata Humas Ahli Muda  Pusat fasilitasi Kerjasama Sekjen Kemendagri RI, Riko Eric Estrada  SH MH mengatakan, bahwa kunjungan ke Kabupaten Benteng sengaja dilakukan untuk membantu program Pj Bupati Benteng, Dr Heriyandi Roni MSi dalam hal pengelolaan dan layanan kepada masyarakat melalui Mal Pelayanan Publik (MPP).

Riko mengungkapkan, bantuan yang diberikan Kemendagri dalam hal pengembangan aplikasi bersifat gratis. Dengan adanya kerjasama ini, sambungnya, aplikasi yang dibuat nantinya bisa seragam se-Indonesia.

BACA JUGA:Muspani Jabat Ketua IKADIN Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Tim Mabesal ke Lanal Bengkulu, Tekankan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas

"Kita ingin melihat seperti apa yang dibutuhkan pengelola MPP. Sehingga, seluruh pelayanan yang tersedia bisa terintegrasi dan bisa disebarluaskan ke kabupaten dan provinsi lain yang belum memiliki MPP," kata Riko.

Senada disampaikan, Budi Rahardjo selaku Direktur Plan C Institut selaku mitra Kemendagri RI menjelaskan, maksud dan tujuannya ke MPP ialah untuk melakukan assesmen terkait pengembangan aplikasi MPP sekaligus merancang replika untuk tingkat nasional. Sehingga, sistem atau aplikasi yang digunakan lebih efisien dan memudahkan masyarakat.

Dari hasil pantauan terhadap layanan MPP, sambungnya, layanan yang tersedia masih dilakukan secara manual.

"Kita ingin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Registrasi pelayanan bisa lebih mudah dan di MPP hanya tinggal ambil bukti bayar. Dengan aplikasi, tak ada lagi antrian panjang di MPP," pungkasnya.

Melalui kesempatan itu, Pj Bupati Benteng, Dr Heriyandi Roni MSi mengharapkan agar Kemendagri bisa melihat secara langsung persiapan MPP. Begitu pula dengan dukungan dari lembaga kemitraan Kemendagri dalam hal pengutan pelayanan pada MPP.

"Saran dan pendapat mereka sangat diharapkan. Secara fisik, penilaian mereka terhadap MPP sudah bagus," kata Heriyandi.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: