Sekdaprov Bengkulu Imbau Masyarakat Laporkan Calo CPNS

Sekdaprov Bengkulu Imbau Masyarakat Laporkan Calo CPNS

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan digelar 19 September mendatang. Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti, saat ditemui di Kantor Gubernur Bengkulu Senin siang (17/09/18), mengimbau agar masyarakat waspada terhadap praktik penipuan. Bahkan, jika menemukan calo CPNS, Sekda minta warga segera melaporkan ke pihak berwajib. Sebab, jelang gelaran tes CPNS biasanya banyak calo yang mengiming-imingi kelulusan dengan membayar puluhan hingga ratusan juta rupiah.

\"Sudah menjadi pemandangan umum, setiap jelang pelaksanaan CPNS bergentayangan oknum calo. Biasanya menggunakan modus mendompleng nama pejabat tertentu untuk meyakinkan calon korbannya,” ujarnya.

Sekda menuturkan, tidak ada pejabat yang berwewenang meluluskan tes CPNS. Menurutnya, yang bisa membantu hanyalah kemampuan diri sendiri. Untuk itu, masyarakat diharapkan lebih waspada, jangan sampai menambah deretan korban calo CPNS.

“Jika warga atau peserta CPNS menemukan calo, langsung saja lapor kepada pihak berwenang,\" imbuhnya.

Sekda juga menjelaskan, saat ini pihaknya masih membentuk persyaratan pendaftaran CPNS. Ia menerangkan, diupayakan persyaratan yang dibuat tidak merugikan banyak orang. Selain itu, Sekda juga menjelaskan semua perguruan tinggi bisa mendaftar dalam tes CPNS. sebab, dalam penerimaan itu tidak diatur minimal akreditasi jurusan dan perguruan tinggi.

“Kalau di akreditasi tidak ada masalah. Asal terakreditasi, semua bisa ikut,\" pungkasnya.

Dalam penerimaan CPNS kali ini, semua persyaratan bisa mengakses melalui dua website resmi pemerintah. Yaitu menpan.go.id dan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) sscn.bkn.go.id. Website resmi tersebut akan dibuka saat pendaftaran CPNS dimulai, yakni pada 19 September 2018. (HBN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: