Usulkan Jembatan Gantung

Usulkan Jembatan Gantung

KANCING, Bengkulu Ekspress - Warga Desa Kancing, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini sangat membutuhkan jembatan gantung sebagai akses jalan penghubung menuju lokasi perkebunan mereka. Hal ini dikarenakan lahan perkebunan warga dan kawasan pemukiman dipisah oleh aliran sungai Bengkulu yang cukup dalam. Akibatnya, seluruh hasil perkebunan warga terpaksa diangkut dengan menggunakan rakit untuk menyeberangi sungai tersebut.

\"Sampai saat ini, kami masih sangat kesulitan mengangkut hasil perkebunan. Kami harus menyeberangi sungai sebelum akhirnya hasil perkebunan bisa kami jual kepada pengepul,\" ungkap Kepala Dusun I Desa Kancing, Suratman (53). Menyikapi kondisi ini, lanjutnya, pihaknya selaku aparatur pemerintahan desa (Pemdes) tidak berdiam diri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyampaikan usulan ke pemerintah daerah (Pemda) melaui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Banredlitbang) Kabupaten Benteng.

\"Usulan sudah kami sampaikan beberapa kali. Meskipun sudah ada tim yang melakukan survei, sampai saat ini realisasinya belum juga terwujud,\" terangnya. Belum adanya akses yang memadai, ungkap Suratman, membuat para petani harus mengeluarkan ongkos ataupun biaya lebih ketika hendak menjual hasil perkebunan mereka, yakni untuk upah angkut rakit.

\"Secara keseluruhan, ada puluhan hektare lahan perkebunan warga yang terpisahkan oleh alirang sungai Bengkulu. Baik itu, perkebunan sawit ataupun lahan perkebunan karet. Dengan adanya jembatan gantung, akses jalan menuju perkebunan menjadi lebih mudah,\" demikian Suratman.(135)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: