Warga Miskin Capai 25 Ribu

Warga Miskin Capai 25 Ribu

\"Bengkulu\"MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress –  Warga kurang mampu atau masuk kategori miskin di wilayah Kabupaten Mukomuko mencapai 25 ribu orang  lebih. Dari angka tersebut, pemda Mukomuko baru mampu merealisasikan sekitar 7 ribu warga miskin yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan berupa berobat gratis. Yang dinamakan program integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dengan BPJS Kesehatan. “Berdasarkan data tim TNP2K, warga miskin di daerah ini mencapai 25 ribu lebih,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto SKM melalui Kepala Bidang Pelayanan  dan Sumber Daya Kesehatan, Khairul Saleh SKM dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.

Pihaknya menargetkan, tahun  2019 mendatang seluruh warga miskin tersebut mendapatkan program tersebut dan menerima kartu untuk berobat  gratis. Tetapi akan disesuaikan dengan tersedianya anggaran. Tahun 2017 ini anggaran yang di plotkan Rp 2 miliar. Tahun 2018  telah  dimasukan dalam perencanaan sebesar Rp 4 miliar. Pun untuk tahun berikutnya akan diusulkan lebih besar lagi.

“Meskipun secara bertahap. Kita maksimalkan agar seluruh warga miskin tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan gratis,” katanya. Ia mengatakan,  jaminan kesehatan gratis  tahun ini, khususnya warga miskin sebanyak 7 ribu. Bukan berarti warga miskin lainnya tidak bisa berobat gratis. Karena dari total kuota tersebut, ada kuota kosong.

“Yang baru terisi dengan nama lengkap dan alamat 3.480. Sebanyak  3.520 kuota yang masih kosong.  Warga miskin yang akan mendapatkan pelayan kesehatan  gratis dapat menggunakan kuota kosong tersebut. Meskipun masih sangat jauh dengan jumlah warga miskin yang ada. Minimal warga miskin sakit tetap dapat berobat,” demikian Khairul. (900)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: