Patung Setiap Simpang Akan Diganti

Patung Setiap Simpang Akan Diganti

BENGKULU, BE - Memasuki awal 2017 ini, Walikota Bengkulu H Helmi Hasan SE semakin gencar menata Kota Bengkulu.

Setelah tahun lalu merombak luas beberapa jalan, trotoar dan drainase, rencananya tahun ini Pemerintah Kota Bengkulu juga akan merombak patung yang berada disetiap persimpangan jalan protokoler, terutama patung yang berbentuk manusia yang akan diganti dengan patung yang mengambarkan ciri khas kawasan persimpangan tersebut.

\"Proyek itu akan kita lakukan di 2017, totalnya sekitar 12 titik yang akan kita rubah bentuknya,\" ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bengkulu, Syafriandi MSi saat dikunjungi BE dikediamannya, kemarin (2/1).

Lebih lanjut dijelaskannya, perombakan ini tidak dilakukan sembarangan karena nantinya akan menjadi unsur penilaian kemajuan Kota Bengkulu di bawah kepemimpinan Walikota H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Ir Patriana Sosialinda.

Secara konsep, lanjut Syafriandi, akan diubah dengan menyesuaikan kondisi di kawasan persimpangan tersebut, seperti Simpang Gedungan Pemuda dan Olahraga (GOR) yang saat ini masih berbentuk tugu atau patung tabot, maka akan diganti menjadi patung medali atau sesuatu yang mengambarkan kawasan olahraga dan pelajar.

\"Karena sudah pelebaran jalan, maka nanti posisi tugu patung itu juga akan kita simetriskan agar posisinya benar-benar ditengah,\" ungkapnya.

Selain itu, di Simpang Padang Harapan yang saat ini masih berbentuk 2 orang yang melambaikan tangan, maka akan diganti dengan patung piala Adipura sehingga ketika ada kunjungan tamu dari luar secara tidak langsung memberitahukan bahwa Kota Bengkulu adalah kota yang bersih.

Begitu pun dengan persimpangan-persimpangan lainnya akan diganti dengan penghargaan-penghargaan yang pernah diterima Walikota seperti piala kesehatan, Wahana Tata Nugraha (WTN) dan lain sebagainya.

\"Jadi, memang kita mengedepankan bahwa di situ identik dengan ciri khas apa yang ada di kawasan itu. Supaya tahu bahwa Pemda Kota ini sudah pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari pusat,\" jelas Andi sapaan akrabnya. Adapun titik patung yang akan dirombak yakni patung di Simpang 4 Polda, Simpang 4 Panorama, Simpang 3 GOR, Simpang 4 Padang Harapan, Simpang 3 Polres atau BI, Simpang 4 Skip, Simpang Jam, Simpang Kampung Bali, Simpang Rumah Sakit Bhayangkara, Simpang Korem dan Simpang SLB.

\"Anggarannya sekitar Rp 12 miliar untuk normalisasi 12 titik persimpangan itu. Tapi untuk perencanaannya memang sudah selesai tapi kita rapatkan,\" paparnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Heri Ifzan SE mengatakan, dalam konsep pembangunan ini harus melalui pertimbangan yang matang. Jika dilihat dari dasar kebutuhan hal tersebut bukanlah skala prioritas, namun jika Dinas PU sudah melakukan perencanaan maka pihaknnya berharap agar efisiensi anggaran bisa dilakukan dan jangan sampai mubazir.

\"Kalau memang tidak layak diganti, kenapa harus diganti. Terus ada pergantian ikon-ikon yang sudah dibuat oleh pemerintah sebelumnya. Kalau memang hal ini masih bagus ya harus dipertahankan, untuk apa kita buang-buang biaya tanpa ada efektifnya,\" tambah Heri. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: