10 Sikap dan Perilaku Toxic Orang tua Pada Kesehatan Mental Anak

10 Sikap dan Perilaku Toxic Orang tua Pada Kesehatan Mental Anak

Tanda perilaku toxic yang dilakukan orangtua terhadap anak-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk identitas, harga diri, serta persepsi anak terhadap dunia di sekitarnya. 

Namun, ketika pola asuh yang diterapkan tidak sehat atau bahkan merusak, kondisi ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental anak.

Pola asuh seperti ini sering kali tidak hanya menciptakan perasaan rendah diri, cemas, dan depresi pada anak, tetapi juga membentuk trauma jangka panjang yang dapat memengaruhi hubungan sosial, kemampuan beradaptasi, dan kesejahteraan mental mereka di masa dewasa.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui beberapa sikap dan prilaku toxic orang tua yang dapat mempengaruhi kesehatan mental anak. Berikut adalah tanda perilaku toxic yang dilakukan orangtua terhadap anak

BACA JUGA:Cara Membuat Pupuk dari Limbah Jamur Tiram

BACA JUGA:Gelombang Panas Makin Ganas! Ini Pengaruhnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tanda-tanda perilaku beracun orang tua terhadap anak bisa bermacam-macam, namun umumnya mencakup beberapa jenis perilaku yang merugikan kesehatan mental dan emosional anak. Berikut beberapa tanda umum perilaku toksik yang mungkin ditunjukkan orang tua:

1. Kritik yang berlebihan dan merendahkan

Orang tua yang toksik sering kali memberikan kritik yang membangun untuk menghina, meremehkan, atau mempermalukan anak Anda, baik di depan orang lain maupun secara pribadi. Maka anak akan merasa tidak berguna dan minder.

Contoh: “Kamu tidak akan pernah bisa melakukan apapun dengan benar! » atau “Kenapa kamu selalu kecewa?”

2. Mengendalikan secara berlebihan

Orang tua yang beracun cenderung terlalu mengontrol dalam setiap aspek kehidupan anak mereka, termasuk pilihan pribadi seperti teman, hobi, dan keputusan penting dalam hidup. Mereka tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kesalahan dan belajar dari pengalamannya sendiri.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tak Sadar! Ini Ciri-Ciri Badanmu Bau Tak Sedap

BACA JUGA:Tak Hanya Lezat, 10 Makanan Ini Ternyata Dapat Membuat Panjang Umur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: