Ketahui 6 Fungsi dan Cara Kerja Master Rem Pada Motor

Ketahui 6 Fungsi dan Cara Kerja Master Rem Pada Motor

Fungsi dan cara kerja master rem motor-Pinterest: motohanoi-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Semua motor dilengkapi Master Rem. Master Rem adalah komponen kunci dalam sistem pengereman kendaraan yang sering kali kurang mendapat perhatian meskipun perannya sangat vital. 

Sebagai bagian dari sistem pengereman, master rem berfungsi sebagai "otak" yang mengatur dan mendistribusikan tekanan rem ke sistem rem di roda. 

Tanpa master rem yang berfungsi dengan baik, sistem pengereman kendaraan tidak dapat bekerja secara optimal, yang berpotensi mengurangi keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, artikel ini membahas berbagai fungsi utama dari master rem, bagaimana komponen ini beroperasi, serta pentingnya pemeliharaan dan pengecekan berkala untuk memastikan sistem pengereman kendaraan Anda berfungsi dengan efektif. 

BACA JUGA:Ini Dia 8 Fakta Menarik Mobil Tesla yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Simak Spesifikasi Honda Rebel 1100 dan Harga Terbaru

Memahami fungsi master rem dan bagaimana cara kerjanya akan membantu Anda menjaga kendaraan dalam kondisi aman dan memastikan kinerja pengereman yang optimal. Berikut fungsi master rem yang perlu Anda ketahui. 

Fungsi Master Rem

 1. Menghasilkan Tekanan Hidrolik

Master rem berfungsi untuk mengubah tekanan yang diberikan pada pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Tekanan ini diperlukan untuk mengaktifkan sistem pengereman dan menghentikan kendaraan.

Cara Kerja: Ketika pengemudi menekan pedal rem, master rem menggerakkan piston di dalamnya. Piston ini memampatkan cairan rem yang berada dalam ruang master rem, menghasilkan tekanan hidrolik yang dikirim melalui saluran rem ke caliper rem atau tromol rem di setiap roda.

BACA JUGA:7 Cara Mengurangi Panas pada Kabin Mobil agar Lebih Adem

BACA JUGA:Apakah Busi Berfungsi Dengan Normal, Kamu Bisa Cek Tanda Warnanya

2. Mendistribusikan Tekanan Rem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: