Kenali 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Melembabkan Kulit Hingga Mencegah Penuaan Dini

Kenali 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Kulit, Melembabkan Kulit Hingga Mencegah Penuaan Dini

Daun pegagan sering kali dijadikan bahan herbal liar yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. -Pinterest -

BACA JUGA:Sering Overthingking? Simak 5 Cara Menghilangkannya Agar Tidak Berdampak pada Kesehatan Mental

3. Mengurangi stretch mark

Ada berbagai riset yang menunjukkan bahwa ekstrak daun pegagan dapat menyamarkan stretch mark, terutama pada wanita hamil.

Manfaat daun pegagan untuk stretch mark ini diperoleh melalui kandungan terpenoid yang terbukti meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat mengurangi stretch mark sekaligus mencegah terbentuknya goresan baru.

Meski stretch mark pada ibu hamil akan memudar dengan sendirinya, penggunaan daun pegagan dalam bentuk gel, losion, atau krim dapat mempercepat hilangnya goresan.  

4. Menyamarkan luka parut atau keloid

Kandungan asiaticoside dalam daun pegagan diketahui dapat merangsang produksi kolagen yang baik untuk memperbaiki dan merangsang pertumbuhan jaringan kulit.

BACA JUGA:Hanya Diproduksi Setelah Melahirkan, Inilah 10 Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

BACA JUGA:Baik Untuk Kesehatan Enzim, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Makanan Ini Setiap Hari

Berkat manfaatnya tersebut, daun pegagan kerap digunakan untuk mencegah dan menyamarkan bekas luka atau jaringan parut yang muncul setelah proses pemulihan luka.

Beberapa riset pun menunjukkan bahwa obat oles yang mengandung ekstrak daun pegagan terlihat dapat mencegah terbentuknya keloid setelah luka.

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat daun pegagan lainnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Ini karena kandungan antioksidan, yaitu flavonoid dan asam fenolik, yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Berkat kandungan zat antibakteri dan antiradang di dalamnya, daun pegagan juga baik untuk mencegah dan meredakan iritasi kulit serta menghambat pertumbuhan bakteri di kulit.

BACA JUGA:Masih Jarang Dikonsumsi, Manfaat Susu Kolostrum Sapi untuk Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: