Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Dia 8 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Dia 8 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan

Minuman tradisional wedang jahe mudah dibuat dan sering kali dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.-Pinterest -

Bagi kamu yang kerap mengalami mual, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe untuk mengurangi rasa mual. Wedang jahe mampu meredakan mual akibat kemoterapi, perut kembung, dan mabuk perjalanan. 

Manfaat wedang jahe ini diperoleh dari kandungan kedua senyawa alami di dalamnya, yaitu gingerol dan shogaol. Kedua senyawa tersebut dapat mengurangi rangsangan mual dari otak dan mencegah mual untuk jangka panjang.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Manfaat wedang jahe lainnya adalah mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Dengan mengonsumsi wedang jahe secara rutin, jantung akan terlindungi dari berbagai penyakit.

Berbagai kandungan gizi dalam wedang jahe bisa mengurangi peradangan di pembuluh darah jantung dan mencegah penumpukan plak di pembuluh darah. 

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan, Inilah 5 Manfaat Kacang Kapri yang Sayang Untuk Dilewatkan

BACA JUGA:6 Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

4. Meredakan nyeri haid

Wedang jahe merupakan pilihan yang baik untuk wanita yang sedang mengalami haid. Bahkan, jahe terbukti efektif dalam meredakan nyeri haid layaknya obat pereda nyeri yang dijual di apotek, seperti ibuprofen.

Manfaat wedang jahe tersebut didapatkan dari kandungan senyawa gingerol dan shogaol yang bersifat antiinflamasi. Kedua senyawa tersebut juga mampu menghambat produksi prostaglandin yang menjadi penyebab utama nyeri haid.

5. Meredakan nyeri otot

Nyeri otot setelah melakukan aktivitas fisik berlebihan bisa terjadi jika tubuh kekurangan kalium. Kondisi tersebut dapat diredakan dengan mengonsumsi kalium, salah satunya yang terkandung dalam wedang jahe. 

Kalium berperan penting dalam mengatur kontraksi otot, menjaga fungsi saraf, dan menjaga keseimbangan cairan. 

BACA JUGA:Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Hanya Diproduksi Setelah Melahirkan, Inilah 10 Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: