Kenali 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh, Jaga Sistem Pencernaan Hingga Kontrol Gula Darah

Kenali 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan Tubuh, Jaga Sistem Pencernaan Hingga Kontrol Gula Darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan -Pinterest -

3. Menangkal efek radikal bebas

Cuka apel mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang dapat menangkal dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas pemicu terjadinya berbagai macam penyakit.

Selain  itu, antioksidan di dalam cuka apel berpotensi untuk menjaga fungsi hati dan menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

4. Menurunkan berat badan

Cuka apel dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, yang dapat membantu dalam usaha penurunan berat badan. Efek termogeniknya juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Namun, efektivitas cuka apel yang satu ini masih belum diketahui secara pasti. Tak hanya itu, konsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan juga dinilai tidak memberikan efek signifikan dibandingkan dengan diet sehat yang disertai olahraga.

BACA JUGA:Cara Mudah Mengatasi Batuk Pada Anak, dr Zaidul Akbar Sarankan Rebus 2 Bahan Ini

BACA JUGA:Agar Rezeki Datang dari Arah yang Tak Terduga, Syekh Ali Jaber Bagikan Tipsnya

5. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan asam asetat di dalam cuka apel mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah serta mencegah tekanan darah tinggi.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan cuka apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Meski demikian, studi tersebut juga masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan keamanan konsumsi cuka apel untuk menjaga kesehatan jantung masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Mengontrol kadar gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan, terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Ini mungkin karena cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

BACA JUGA:Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: