Berencana untuk Hamil? Ketahui Terlebih Dahulu 6 Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Berencana untuk Hamil? Ketahui Terlebih Dahulu 6 Ciri-Ciri Wanita Subur dan Gampang Hamil

Ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil, khususnya bila sedang berencana untuk memiliki momongan. -Pinterest -

Nah, makin mendekati waktu ovulasi, keputihan yang keluar bisa berupa cairan kental bening yang mirip dengan putih telur mentah.

3. Ovulasi datang setiap bulan

Ciri selanjutnya yang dapat terlihat adalah ovulasi setiap bulannya. Ovulasi adalah terjadinya pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur (ovarium) ke tuba falopi untuk dibuahi oleh sel sperma. 

BACA JUGA:Ini Peran Estrogen dan Progesteron Pada Wanita

Sel telur ini harus dibuahi oleh sel sperma dalam waktu 12–24 jam agar terjadi pembuahan yang menjadi awal dari kehamilan. Oleh karena itu, ovulasi bisa disebut sebagai masa subur wanita.

4. Memiliki gairah seksual yang normal

Salah satu ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil adalah punya gairah seksual yang normal. Soalnya, gairah seks akan membuat penetrasi seksual jadi nyaman dan tidak terasa sakit.

Dengan begitu, wanita dan pasangannya bisa lebih mudah mencapai orgasme. Hal ini akan memperbesar kemungkinan bagi sperma untuk masuk ke dalam rahim, lalu mencapai tuba falopi dan membuahi sel telur.

Sebaliknya, jika memiliki masalah seksual seperti dispareunia, vaginismus, atau rendahnya libido, wanita akan lebih sulit untuk berhubungan intim dan hal ini bisa turut berpengaruh pada sulitnya memperoleh momongan.

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

5. Berat badan ideal

Tentunya, setiap orang memiliki berat dan bentuk tubuh yang berbeda. Artinya, berat badan ideal seseorang pun bisa berbeda dari yang lain.

Nah, berat badan ideal yang merupakan ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil adalah berat badan yang masih masuk dalam batas ambang indeks massa tubuh (IMT), yakni kisaran 18,5–25. 

Berat badan ideal sesuai IMT bisa mempertahankan siklus haid dan ovulasi yang normal sehingga kesuburan terjaga.

Selain itu, berat badan ideal ini juga bisa mendukung kehamilan dan persalinan yang sehat, serta pemulihan pascamelahirkan yang lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: