Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

Penyebab terjadinya sakit pinggang pada ibu hamil agar keluhan tersebut dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat hamil sakit pinggang menjadi salah satu keluhan yang harus dihadapi pasalnya pertambahan berat badan atau perubahan postur tubuh ibu hamil dapat menyebabkan munculnya rasa sakit pada pinggang. 

Meski tergolong tidak membahayakan, sakit pinggang saat hamil perlu ditangani karena bisa memicu rasa tidak nyaman.

Dikutip dari laman alodokter.com menjelaskan, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa 60–70% ibu hamil mengalami sakit pinggang saat hamil. 

Keluhan ini umumnya terjadi pada trimester kedua dan ketiga kehamilan dengan tingkat keparahan yang bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang mengganggu aktivitas. 

BACA JUGA:Kulit Gatal Saat Hamil? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil 

Sakit pinggang dapat semakin memburuk seiring bertambahnya usia kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab terjadinya sakit pinggang pada ibu hamil agar keluhan tersebut dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab sakit pinggang 

Saat hamil, tubuh akan mengalami banyak perubahan. Perubahan-perubahan pada tubuh Bumil inilah yang bisa memicu munculnya keluhan sakit pinggang saat hamil. Berikut diantaranya:

  •  Pertambahan berat badan
  •  Perubahan postur tubuh 
  •  Peregangan otot
  •  Perubahan hormon

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil

Untuk meredakan rasa tidak nyaman yang Bumil alami akibat sakit pinggang saat hamil, terdapat beberapa cara yang bisa Bumil lakukan, di antaranya:

BACA JUGA: Ini Dia Pilihan Lipstik yang Cocok untuk Bibir Kering

  • Memperbaiki postur tubuh

Terlalu banyak membungkuk dapat meregangkan tulang belakang. Cobalah untuk melatih postur tubur yang baik guna mengatasi sakit pinggang saat hamil,

Sebagai contoh, saat tidur miring tambahkan bantal di antara kedua lutut. Lalu, ketika duduk coba untuk tambahkan ganjalan di belakang pinggang atau punggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: