Perempuan Wajib Tahu, Inilah 5 Tips dan Cara Aman Berenang Saat Haid

Perempuan Wajib Tahu, Inilah 5 Tips dan Cara Aman Berenang Saat Haid

Tips dan cara berenang saat haid -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat kondisi haid akan ada beberapa aktivitas yang kita tunda karena merasa tidak nyaman. Salah satunya dalah aktivitas berenang, sebagian wanita yang sedang haid akan enggan untuk berenang karena khawatir.

Kekhawatiran ini mungkin muncul karena takut akan berdampak buruk pada kesehatan dan kenyamanan. Namun, sekarang tidak perlu lagi merasa khawatir atau kesal. Kamu tetap bisa menikmati berenang dan bermain air meskipun sedang haid.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa berenang meski dalam keadaan haid. Berikut adalah beberapa tips aman berenang saat sedang haid, terutama bagi remaja, yang perlu diperhatikan agar tidak ada masalah ketika berada di dalam air.

1. Pastikan kondisi fisik dan mental kamu siap

Tips dan cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah memastikan konsisi dan mental kamu sebelum berenang. Tanpa disadari, terdapat beberapa jenis perempuan saat mengalami menstruasi.

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Penyebab Tubuh Sakit-sakitan dan Tips untuk Menghindarinya

Pertama, ada yang mampu menjalani aktivitas normal tanpa terganggu atau merasa tidak nyaman. Kedua, ada yang merasakan sakit dan ketidaknyamanan, tetapi masih dapat melaksanakan kegiatan. 

Ketiga, ada yang mengalami nyeri hebat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan kesulitan untuk bangun dari tempat tidur. Bagi tipe perempuan pertama dan kedua, berenang saat menstruasi tetap bisa dilakukan dan bahkan dapat mengurangi rasa sakit. 

Namun, bagi tipe perempuan ketiga, disarankan untuk tidak berenang karena kondisi fisik dan mental tidak mendukung, yang dapat meningkatkan ketidaknyamanan.

BACA JUGA:Penasaran Kita Punya Khodam atau Tidak, Ini Caranya

2. Pakai menstrual cup atau pembalut

Menggunakan menstrual cup bis amenjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan agar masih bisa tetap berenang dengan menyenangkan meski tengah mengalami haid. 

Meskipun darah tidak keluar saat berenang karena tekanan air, tekanan kembali normal saat keluar dari air, yang dapat menyebabkan darah mengalir dengan deras karena pembalut menyerap banyak air. 

Solusinya adalah menggunakan tampon atau menstrual cup saat berenang, karena keduanya dapat menyerap darah dengan baik dan mencegah kebocoran setelah keluar dari air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: