Rohidin Mersyah Resmikan Pembukaan Festival Tabut 2024: Ribuan Warga Bengkulu Hadiri Meraimaikan

Rohidin Mersyah Resmikan Pembukaan Festival Tabut 2024: Ribuan Warga Bengkulu Hadiri Meraimaikan

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, resmi membuka festival Tabut 2024 dengan pemukulan alat musik dhol, Sabtu malam (6/7/2024).-adv-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Euforia Tahun baru Islam 1446 Hijriah disambut meriah oleh ribuan masyarakat Bengkulu yang turut hadir saat pembukaan Festival Tabut Bengkulu 2024.

Festival Tabut yang merupakan keramaian asli Bengkulu ini dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, ditandai dengan pemukulan alat musik dhol, Sabtu malam (6/7/2024).

Rangkaian acara dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu dan akan berlangsung selama sepuluh hari hingga 16 Juli mendatang.

BACA JUGA:Pansus LKPD Mukomuko Kritik OPD yang Gagal Laksanakan Pokir Dewan 2023

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Pemda Provinsi Bengkulu, Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) dan seluruh pihak terkait.

Festival Tabut adalah budaya turun-temurun yang terus bertahan di Bengkulu, melawan derasnya arus modernisasi. Bukan hanya sebagai perayaan rakyat, tetapi juga merupakan bentuk keragaman seni dan budaya di Bengkulu.

Kabar gembiranya Festival Tabut ini selalu masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf RI.

Gubernur Rohidin berharap berbagai festival yang digelar di tingkat kabupaten seperti Festival Gurita di Kabupaten Kaur dan Festival Danau Nibung di Mukomuko juga dapat masuk dalam KEN Kemenparekraf.

BACA JUGA:Kalahkan Filipina, Indonesia Maju ke Putaran Ketiga PD 2026 Sekaligus Meraih Tiket Piala Asia 2027

Ia menjelaskan, Pemda Provinsi Bengkulu juga terus melakukan terobosan untuk mengangkat budaya Bengkulu agar dikenal luas.

Salah satunya dengan menata kawasan Danau Dendam Tak Sudah menjadi destinasi wisata yang memadukan budaya dan keindahan alam. Hal tersebut sedang dirancang bersama banyak pihak, di antaranya Badan Muyawarah Adat (BMA) Bengkulu.

“Saya bersama BMA Bengkulu dan pelaku seni Bengkulu sekarang sedang merancang agar kawasan Danau Dendam Tak Sudah menjadi satu destinasi wisata budaya yang terintegrasi dengan wisata danau. Dan harapan kami di tahun 2025 tidak hanya ada Festival Tabut, tetapi juga Festival Danau Dendam Tak Sudah,” kata Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Kalahkan Filipina, Indonesia Maju ke Putaran Ketiga PD 2026 Sekaligus Meraih Tiket Piala Asia 2027

Gubernur menambahkan, pihaknya juga berterima-kasih atas dukungan Kemenparekraf yang juga telah mendukung Festival Tabut sebagai salah satu prioritas nasional, sehingga sektor pariwisata Bengkulu bisa semakin melebarkan sayapnya dalam event berskala nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: