Simak 5 Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman, Lulusan Fresh Graduate Boleh Coba

Simak 5 Cara Melamar Kerja Tanpa Pengalaman, Lulusan Fresh Graduate Boleh Coba

Cara melamar kerja tanpa pengalaman -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini banyak perusahaan mencari pekerja yang memiliki pengalaman pekerjaan yang mumpuni. Nah, pengalaman ini menjadi salah satu hambatan para pencari kerja yang baru lulus dan tidak memiliki pengalaman sama sekali. 

Sebetulnya, ya, ada beberapa cara melamar kerja tanpa pengalaman yang bisa fresh graduate coba. Pengalaman kerja yang kamu miliki memang menjadi pertimbangan utama perusahaan untuk menerima kamu sebagai pekerja.

Itulah sebabnya, pengalaman kerja akan menentukan langkahmu kedepan. Nah, bagaimana jika kamu tidak mempunyai pengalaman pekerjaan? Kamu tidak perlu khawatir ada beberapa tips dan cara mudah bagi kamu yang ingin melamar kerja tanpa pengalaman. Berikut ulasan yang bisa kamu simak. 

1. Lamar pekerjaan sesuai kualifikasi

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan bila melamar kerja tanpa pengalaman adalah membaca kualifikasi lamaran dengan teliti.

Biasanya, ya, setiap lowongan pekerjaan memiliki kriteria yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, lowongan HRD biasanya memiliki kualifikasi sarjana lulusan Manajemen atau Psikologi.

Nah, kamu harus bisa memilih lowongan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi. Perhatikan juga persyaratan minimal pengalaman kerja di loker yang kamu pilih. Sebaiknya, nih, lamar loker untuk fresh graduate atau tanpa minimal pengalaman.

BACA JUGA: Mengapa Deep Talk Penting untuk Dilakukan? Ini Alasanya

2. Buat CV menarik berisi pengalaman selama kuliah

Pengalaman pada masa kuliah memang sangat berpengaruh untuk dunia pekerjaan. Oleh karena itu, jika kamu tidak mempunyai pengalaman bekerja, pengalaman semasa kuliah bisa kamu jadikan bekal untuk melamar pekerjaan yang akan di sematkan pada CV yang kamu ajukan. 

Maka dari itu, jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka bisa menuliskan pengalaman organisasi selama di bangku kuliah.

Jangan lupa masukkan juga berbagai kegiatan yang kamu lakukan selama menjadi mahasiswa. Termasuk kegiatan kepanitiaan dan volunteer.

3. Tonjolkan skill atau keahlian kamu 

Jangan berkecil hati dulu bila kamu nggak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Kamu juga bisa menuliskan keahlian di suatu bidang pada lembar CV. Tulislah skill atau keahlian yang kamu miliki dan output atau hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: