Ingin Lamar Pekerjaan? Pahami Pengertian Resume, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Ingin Lamar Pekerjaan? Pahami Pengertian Resume, Jenis, dan Cara Pembuatannya

Pengertian, Jenis, dan Cara Membuat Resume-freepik.com-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat menyiapkan lamaran pekerjaan tentunya kamu harus tahu yang namanya Resume. Resume sangat penting di dalam dunia pekerjaan karena dapat memberikan gambaran singkat tentang dirimu bisa dibilang Resume hampir sama dengan CV. 

Nah, penasaran apa itu resume, apa pengertian dan jenis-jenis resume? Yuk, simak artikel ini sampai habis. Berikut penjelasannya.

Pengertian Resume 

Resume adalah sebuah dokumen yang berisi ringkasan singkat tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan pencapaian seseorang. Namun, ada dua pengertian yang berbeda terkait dengan kata "resume". Bagi anak sekolah hingga mahasiswa, mereka mungkin akrab dengan pemahaman bahwa resume adalah rangkuman dari sebuah buku atau materi. 

BACA JUGA:Bersaing Sengit Kelas Tablet, Samsung Tab S9 FE vs Redmi Pad 6, Mana Pilihan Terbaik?

Di dunia profesional seperti bisnis dan pekerjaan, pengertian resume lebih mengacu pada penjelasan singkat tentang kemampuan seseorang. 

Dengan kata lain, resume merupakan cara efektif untuk memberikan informasi singkat mengenai diri kita kepada perusahaan saat melamar pekerjaan. 

Dalam hal ini, resume merujuk pada daftar riwayat hidup singkat seseorang yang mencakup pengalaman kerja, keahlian, pendidikan, dan sebagainya.

Jenis-jenis Resume

Resume memiliki tiga jenis yang umum, yaitu ringkasan abstrak, ringkasan stricto sensu, dan ikhtisar. Berikut adalah penjelasan singkat untuk masing-masing jenis resume tersebut:

BACA JUGA:Viral! Vizard AI, Edit Video Lebih Mudah, Praktis dan Cepat Viral Menggunakan Teknologi AI

1. Resume Ringkasan Abstrak

Jenis resume ini digunakan untuk merangkum karya tulis ilmiah. Ringkasannya harus padat, singkat, dan mencakup informasi utama dari karya tulis tersebut agar pembaca dapat memahaminya dengan baik. Gaya penulisan dalam resume ini biasanya formal sesuai dengan gaya bahasa asli karya ilmiahnya.

2. Ringkasan Stricto Sensu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: