Ini Langkah-Langkah Jika Ingin Melamar Pekerjaan

Ini Langkah-Langkah Jika Ingin Melamar Pekerjaan

Ilustrasi Melamar Pekerjaan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Untuk mengajukan lamaran pekerjaan, diperlukan lebih dari sekadar penyusunan CV. Beberapa langkah penting lainnya perlu dipahami oleh para pelamar.

Beberapa tahapan tersebut mencakup hal-hal berikut:

BACA JUGA:Tips Mendapatkan Lowongan Pekerjaan, Simak Selengkapnya

BACA JUGA:Baca 2 Surah ini Saat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Dijamin Pekerjaan Lancar dan Rezeki Datang

1. Mempersiapkan CV

Tahap awal ini menjadi persiapan krusial bagi para pelamar kerja, terutama bagi fresh graduate. Penting bagi mereka untuk menyusun CV dengan cermat dan menarik, meskipun mereka belum memiliki pengalaman kerja. Sebuah CV yang menarik dapat menjadi nilai tambah dalam proses seleksi.

2. Lamaran diproses pihak HRD

Setelah lamaran kerja diajukan oleh pelamar dan diterima oleh bagian HRD, proses selanjutnya akan segera dilakukan. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar dua minggu, meskipun dapat bervariasi. Pada tahap ini, para pelamar diingatkan untuk bersiap-siap jika diundang untuk menjalani sesi wawancara.

3. Proses interview setelah melewati tahap review dari HRD, pelamar yang memenuhi syarat akan melanjutkan ke tahapan berikutnya. Setiap perusahaan memiliki metode sesi wawancara yang berbeda.

Namun, secara umum, terdapat tiga sesi wawancara yang umum dilakukan. Tahapan tersebut mencakup wawancara dengan HRD, dilanjutkan dengan wawancara bersama manajer, dan terakhir dengan pemilik perusahaan.

BACA JUGA:Tiga Pekerjaan Sampingan di Internet Paling Menggiurkan, Gaji Jutaan Per Bulan

BACA JUGA:Agar Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Amalkan Doa Berikut

4. Persiapan waktu mulai kerja

Setelah calon karyawan dinyatakan lolos dari tahap wawancara, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan waktu mulai kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: