Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan-Pinterest -

2. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat tape singkong selanjutnya untuk kesehatan adalah membantu menjaga daya tahan tubuh. Khasiat ini berasal dari kandungan probiotik dalam tape.

Probiotik dapat mengaktifkan sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari bakteri atau virus penyebab penyakit. 

Bahkan, tape berpotensi untuk mengurangi risiko terkena flu. Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut mengenai hal ini. 

3. Mengontrol kadar gula darah

Tapai juga baik untuk diabetes. Meski mengandung banyak karbohidrat, tapai termasuk jenis makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

BACA JUGA:Lakukan 8 Cara Ini Untuk Mengobati Kuku Cantengan di Rumah Agar Tidak Infeksi

4. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menumpuk dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Nah, kandungan probiotik di dalam tape singkong punya manfaat menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. 

Selain itu, bakteri Lactiplantibacillus plantarum pada tape dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol LDL dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Namun, penelitian ini baru diuji coba pada tikus, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan manfaatnya pada manusia.

5. Meningkatkan suasana hati

Tak hanya mampu menurunkan kadar kolestrol, kandungan probiotik Lactiplantibacillus plantarum pada tape dapat membantu meningkatkan serotonin, norepinefrin, dan dopamin di dalam usus dan jaringan otak. 

Ketiganya membawa pesan kimia dalam sistem otak dan saraf (neurotransmiter). Kadar serotonin, norepinefrin, dan dopamin yang normal bisa membuat emosi lebih stabil, perasaan lebih tenang, dan suasana hati lebih gembira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: