Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain memiliki rasa yang nikmat dan banyak digunakan sebagai campuran menu masakan, tape juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat daun singkong untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Tape merupakan fermentasi dari olahan singkong yang sangat populer di Indonesia. Singkong yang diolah menjadi tapai adalah singkong yang manis, biasanya berwarna putih atau kuning.

Cara membuat tapai singkong juga mudah, singkong terlebih dahulu dikukus hingga matang. Setelah itu, singkong ditaburi dengan ragi. Proses fermentasi dilakukan dengan cara membungkus singkong dalam daun pisang atau ditempatkan pada sebuah wadah kedap udara.

Keseluruhan proses fermentasi biasanya berlangsung selama 2 – 3 hari. Semakin lama proses fermentasi, tekstur singkong akan semakin empuk.

Selain dimakan langsung, tapai singkong bisa diolah menjadi beragam makanan lain yang lezat, mulai dari bolu, bronis, kolak, puding, hingga campuran dalam es buah.

BACA JUGA:Berkhasiat Tingkatkan Libido! Ini 6 Manfaat Akar Maca yang Perlu Diketahui

Sudah Penting untuk dipahami bahwa literatur yang membahas manfaat tapai singkong itu sendiri sangat terbatas. Masih dibutuhkan banyak penelitian lanjutan untuk memastikan manfaatnya.

Namun, proses fermentasi selama pembuatan tape singkong inilah yang memberikan manfaat untuk tubuh sebagai berikut. 

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat yang dapat dirasakan saat kita mengonsumsi tape adalah memelihara sistem pencernaa. Tape mencegah gangguan pencernaan , cobalah mengonsumsi tape agar pencernaan lancar.

Sebagai salah satu makanan hasil fermentasi, tape singkong mengandung probiotik yang dapat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. 

Probiotik atau bakteri baik berperan penting untuk mencerna makanan dan menyerap gizi pada makanan. Probiotik dapat berpotensi menurunkan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) seperti sakit perut atau perut kembung.

Tak hanya itu, kandungan serat pada tape dapat membantu melembutkan dan memadatkan feses, sehingga buang air besar menjadi lancar.

BACA JUGA:Jangan Bingung Lagi, Inilah 5 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: