Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Olahan Singkong Terpopuler, Inilah 8 Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat tape singkong untuk kesehatan-Pinterest -

BACA JUGA:Jangan Bingung Lagi, Inilah 5 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Kandungan probiotik pada tape singkong juga diketahui dapat berpotensi meningkatkan fungsi kognitif. Menurut studi dalam jurnal  Frontiers in Pharmacology probiotik dapat meningkatkan sinyal antar sel-sel otak yang dapat mendukung fungsi kognitif.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikkan potensi manfaat tape ini untuk meningkatkan fungsi kognitif.

7. Mengurangi peradangan

Tape singkong juga dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan di tubuh, termasuk untuk mengatasi radang sendi.

Lagi-lagi, potensi manfaat ini berasal dari kandungan probiotik di dalam tape, yaitu Lactobacillus plantarum yang memiliki sifat antiradang.

Penelitian terbitan jurnal Nutrients menunjukkan Lactobacillus plantarum diketahui dapat menghambat produksi TNF-α, yakni sitokin yang menyebabkan peradangan pada tubuh.

BACA JUGA:Jangan Bingung Lagi, Inilah 5 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing

8. Menjaga kesehatan kulit

Tape singkong mengandung vitamin C  yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu mencegah kerusakan pada sel kulit akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yakni protein penting yang berperan dalam produksi sel kulit. Nah, kolagen dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kencang. 

Itulah manfaat tape untuk kesehatan. Makanan fermentasi seperti tapai memang bermanfaat untuk tubuh. Namun, kebanyakan makan makanan fermentasi bisa menyebabkan perut kembung. Oleh sebab itu, makanlah tapai singkong dengan porsi yang wajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: