Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Penyakit Serius

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Penyakit Serius

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan -Pinterest -

Selain mengkal radikal bebas, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat jerawat yang ampuh. Ini berkat berbagai senyawa, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, terpenoid, tanin, dan polifenol. 

Senyawa-senyawa tersebut memiliki efek antibakteri yang mampu mencegah terjadinya infeksi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sirsak untuk mengatasi masalah pencernaan diperoleh dari sifat antidiare dan antispasmodik yang dimilikinya.

Kedua sifat tersebut berperan untuk membuat otot di saluran cerna menjadi lebih rileks sehingga berbagai gejala beragam gangguan pencernaan, termasuk diare, dapat teratasi.

Oleh sebab itu, ekstrak daun sirsak cocok untuk dikonsumsi oleh penderita masalah pencernaan, salah satunya sindrom iritasi usus besar (IBS).

BACA JUGA:Begini Cara Keramas yang Benar dan Dampaknya terhadap Kesehatan Rambut

4. Antibakteri

Ekstrak daun sirsak juga memiliki potensi antibakteri saat dikombinasikan dengan antibiotik

Riset menunjukkan pemberian ekstrak etanol daun sirsak dan antibiotik menurunkan risiko resistensi antibiotik pada bakteri Escherichia coli (penyebab diare akut) dan Staphylococcus aureus (penyebab keracunan). 

Hal tersebut diketahui karena kandungan alkaloid dari daun sirsak menghancurkan dinding sel bakteri, sehingga bakteri tidak bisa berkembang. 

5. Mengobati asam urat

Manfaat berikutnya yang dimiliki daun sirsak adalah dapat mengobati asam urat. Daun sirsak sebagai obat asam urat alami diduga berasal dari kandungan flavonoid yang tinggi di dalamnya. 

Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan asam urat. Tak hanya itu, flavonoid juga dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine sehingga kadar asam urat di dalam tubuh menjadi berkurang. 

Kedua khasiat tersebut tentunya membuat Anda terhindar dari risiko serangan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: