Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Penyakit Serius

Ketahui 6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Bantu Cegah Penyakit Serius

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya buahnya yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, daun dari pohon sirsak juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling terkenal dan diyakini banyak orang adalah mencegah kanker. Selain itu, daun sirsak juga bisa mengatasi berbagai kondisi, seperti asam urat dan gangguan pencernaan.

Sirsak atau Annona muricata merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Selain buahnya yang lezat untuk dikonsumsi dan kaya nutrisi, daun dari tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja manfaat saun sirsak untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan di bawah ini 

Manfaat daun sirsak berasal dari kandungan berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, terpenoid, dan polifenol.

Selain itu, ekstrak dari daun sirsak juga banyak diteliti karena diyakini memiliki efek antiradang, antidiare, dan antibakteri, yang bermanfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat daun sirsak dipercaya dapat diatasi beberapa gangguan kesehatan diantaranya, sebagai berikut. 

BACA JUGA:Tahukah Kamu Jika Kebiasaan Ini Dapat Merusak Rambut

1. Menangkal efek paparan radikal bebas

Manfaat utama yang dimiliki daun sirsak adalah  dapat menangkal efek radikal bebas yang mampu mencegah risiko terjadinya beberapa penyakit yang serius. 

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun sirsak diketahui bermanfaat untuk menangkal efek paparan radikal bebas.

Jika terpapar dalam jangka panjang, paparan radikal bebas bisa menimbulkan peradangan yang pada akhirnya merusak jaringan dan organ tubuh. 

Dalam jangka panjang, kerusakan jaringan dan organ tubuh akan menyebabkan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan pembuluh darah, katarak, hingga kanker.

BACA JUGA:Begini Cara Keramas yang Benar dan Dampaknya terhadap Kesehatan Rambut

2. Mengatasi jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: