Kenali 7 Manfaat Kumur Dengan Larutan Garam untuk Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Kenali 7 Manfaat Kumur Dengan Larutan Garam untuk Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Manfaat kumur air garam untuk kesehatan mulut dan tenggorokan-Pinterest -

BACA JUGA:Kenali Ragam Manfaat Moisturizer untuk Kesehatan Kulit Wajah

5. Meredakan sakit gigi

Berkumur dengan air garam bisa menjadi pertolongan pertama untuk menghilangkan rasa nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Manfaat ini diperoleh dari sifat antiseptik alami yang dimiliki oleh garam sehingga dapat membasmi bakteri penyebab infeksi.

6. Mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh bakteri sehingga membuat tenggorokan menjadi gatal dan sakit saat menelan makanan atau minuman. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan air garam sebagai obat kumur guna membunuh bakteri di mulut, termasuk bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Air garam bisa membuat pH rongga mulut meningkat dan membuat bakteri penyebab sakit tenggorokan tidak bisa bertahan hidup. Dengan begitu, sakit tenggorokan bisa cepat sembuh.

7. Meredakan batuk

Larutan garam dipercaya dapat meredakan batuk. Hal ini karena air garam bisa mengurangi iritasi sekaligus mengencerkan dahak yang menempel di tenggorokan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kumur air garam, Anda dapat membuat sendiri obat kumur ini di rumah. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas (200–250 mililiter) air hangat kemudian aduk hingga garam larut.

BACA JUGA:Takut Makan Daging Kurban Karena Khawatir Kolesterol, dr Zaidul Akbar BagikanTips Mengatasi Kolesterol

Gunakan air garam ini untuk berkumur selama 10–15 detik di rongga mulut dan bagian belakang rongga mulut, sambil mendongak sedikit. Setelah itu, ludahkan air garam dan ulangi sebanyak 3 kali sehari.

Nah, itulah manfaat berkumur dengan air garam untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan. Meski manfaat kumur air garam sangatlah banyak bagi kesehatan, perlu diingat bahwa  air garam tidak bisa digunakan sebagai pengganti obat rutin untuk mengobati penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: