Kenali 7 Manfaat Kumur Dengan Larutan Garam untuk Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Kenali 7 Manfaat Kumur Dengan Larutan Garam untuk Kesehatan Mulut dan Tenggorokan

Manfaat kumur air garam untuk kesehatan mulut dan tenggorokan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Air garam memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan mulut dan tenggorokan. Manfaat ini di dapatkan apabila ruting berkumur dengan Air garam

Air garam kerap dijadikan sebagai obat kumur untuk mengatasi keluhan di mulut maupun tenggorokan. Pasalnya, air garam memiliki sifat antiseptik alami yang dapat membasmi berbagai bakteri. 

Jika dilakukan secara rutin, manfaat kumur air garam ini dapat menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan sehingga terhindar dari penyakit. Lantas, apa saja manfaat kumur dengan air garam? Berikut ini adalah beberapa manfaat kumur air garam untuk kesehatan mulut dan tenggorokan:

1. Meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut 

Air garam merupakan antiseptik alami yang dapat meningkatkan keseimbangan pH di dalam mulut sehingga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab karang gigi. Tidak hanya itu, air garam juga dapat melepaskan partikel makanan atau kotoran di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan terbentuknya karang gigi.

BACA JUGA:Ampuh Untuk Mengatasi Asam Urat, dr Zaidul Akbar Sarankan Blender Kacang Panjang dan Bahan Ini

2. Menghilangkan bau mulut

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Hal ini karena tidak semua bagian gigi dan mulut dapat terjangkau oleh sikat gigi. 

Oleh karena itu, berkumur dengan air garam menjadi salah satu cara efektif agar mulut Anda bersih dari bakteri dan sisa-sisa makanan. Dengan begitu, bau mulut akan teratasi.

3. Meredakan radang gusi

Manfaat kumur air garam lainnya adalah meredakan radang gusi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur menggunakan air garam terbukti ampuh untuk menyembuhkan gusi yang bengkak dan kemerahan.

4. Meredakan sariawan

Meredakan sariawan juga merupakan salah satu manfaat kumur air garam. Pasalnya, air garam memiliki sifat antiseptik alami yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri di mulut. Hal inilah yang menjadi alasan air garam dipercaya efektif dalam mengatasi luka di mulut, termasuk sariawan.

Selain itu, sifat antiseptik yang dimiliki oleh garam juga dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan di mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: