Kenapa Kurban Kambing Lebih Utama Dibandingkan Sapi, Ini Alasan Gus Baha

Kenapa Kurban Kambing Lebih Utama Dibandingkan Sapi, Ini Alasan Gus Baha

Gus Baha jelaskan hewan kurban yang paling utama-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Umat Islam di seluruh dunia, terutama di Indonesia, akan merayakan Hari Raya Idul Adha dalam beberapa hari lagi. Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam disunahkan untuk berkurban.

Biasanya, umat Islam berkurban dengan hewan seperti kambing, sapi, atau kerbau.

Dari berbagai jenis hewan kurban tersebut, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha lebih memilih kurban satu ekor kambing untuk satu orang dibandingkan dengan kurban sapi yang dibagi untuk tujuh orang.

BACA JUGA:Bila Kurban Menjadi Kendaraan di Akhirat, Lalu Bagaimana yang Beli Patungan, Simak Penjelasan Gus Baha Berikut

BACA JUGA:Bolehkah Kurban Ayam Saat Idul Adha, Simak Penjelasan Gus Baha Berikut Ini

"Menurut saya sepertinya memang kalau sama-sama, tujuh orang dengan satu sapi dibandingkan satu orang satu kambing. Saya lebih ikut pendapat yang mengatakan lebih baik pilih kambing," ungkap Gus Baha

Menurut Gus Baha, pendapat tersebut merupakan pandangan mayoritas ulama.

Gus Baha menjelaskan bahwa hal ini tertulis dalam kitab-kitab klasik yang membahas tentang fiqih.

Selain itu, dia menambahkan bahwa dalam sejarah kurban yang menceritakan peristiwa kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Allah mengganti Nabi Ismail dengan kambing, bukan hewan lain.

"Dalam kitab-kitab fiqih, memang kambing lebih utama dibandingkan sapi. Dalam banyak pendapat ulama, alasannya lebih privat," ungkap Gus Baha.

Menurut logika Gus Baha, jika kambing tidak lebih baik dari hewan lain, maka tentu Allah tidak akan mengganti Nabi Ismail dengan kambing dalam peristiwa kurban tersebut.

Kurban seekor kambing untuk satu orang juga menandakan sikap ksatria, karena tidak bergantung pada orang lain.

"Andaikan disana ada hewan yang lebih baik, tentunya Allah milih selain kambing. Ini alasannya ulama kalau di kitab-kitab fiqih memang kambing lebih utama ketimbang sapi. Alasan lainnya lebih privat," jelas Ggus Baha.

BACA JUGA:Ingin Tajir Melintir? Gus Baha Sarankan Amalkan Ini Setiap Subuh, Agar Rezeki Berlipat Ganda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: