Tips Memulai Budidaya Ikan Mas di Dalam Keramba

Tips Memulai Budidaya Ikan Mas di Dalam Keramba

Cara Budidaya Ikan Mas di Keramba-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Sedangkan, induk jantan harus berusia minimal 8 bulan dengan berat sekitar 1/2 kilogram. Untuk membedakan jenis kelamin ikan mas, dapat dilakukan dengan mengurut perut dari arah perut menuju ekor. 

Jika keluar cairan berwarna putih dari kelaminnya, itu menandakan ikan mas tersebut adalah jantan.

6. Pengendalian Penyakit dan Hama Ikan Mas

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan dalam budidaya ikan mas adalah adanya penyakit dan hama. Beberapa jenis hama yang berbahaya bagi ikan mas meliputi ikan gabus, kepiting, linsang, belut, ular, burung, biawak, dan serangga. 

Sementara itu, jenis penyakit yang sering menyerang ikan mas antara lain bintik putih, kutu ikan, badan bengkak, insang bengkak, cacing kulit, cacing insang, infeksi bakteri, infeksi jamur, penyakit gatal, dan penyakit yang disebabkan oleh virus KHV.

7. Pemberian Pakan Ikan Mas

Pakan yang baik adalah pakan yang memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam proporsi yang seimbang. Untuk pakan utama ikan mas, sebaiknya mengandung protein sebanyak 25 persen.

BACA JUGA:Tips Budidaya Ikan Gabus Dalam Drum Plastik

BACA JUGA:Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Beton

Pemberian pakan dilakukan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore. Pakan utama berupa pelet diberikan sebanyak 3 hingga 4 persen dari berat badan ikan mas. 

Setiap dua minggu, diambil sampel acak dari beberapa ikan mas untuk ditimbang, guna menentukan dosis pakan yang tepat. Penimbangan ini dilakukan setiap dua minggu sampai ikan mas siap untuk dipanen.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: