Tips Budidaya Ikan Gabus Dalam Drum Plastik

Tips Budidaya Ikan Gabus Dalam Drum Plastik

Tips Budidaya Ikan Gabus di Drum Plastik-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Budidaya ikan air tawar semakin menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain ikan lele, mujair, dan patin, Anda juga dapat memilih ikan gabus yang populer dan banyak diminati di pasaran. 

Budidaya ikan gabus, yang biasa dilakukan dengan kolam terpal atau tanah, juga dapat dilakukan pada lahan yang tidak terlalu luas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara budidaya ikan gabus dengan memanfaatkan drum plastik yang mudah ditemukan dan praktis digunakan.

BACA JUGA:Tips Memberi Pakan pada Budidaya Ikan Gabus

BACA JUGA:Tips Cara Merawat Air Kolam Pada Budidaya Ikan Gabus

Bagi para pemula yang tertarik membudidayakan ikan air tawar, simak ulasan berikut ini :

1. Persiapan Kolam

Sebelum memulai budidaya ikan gabus, Anda perlu menyiapkan drum berwarna biru yang terbuat dari bahan plastik. Drum plastik lebih aman dibandingkan dengan drum besi karena tidak berkarat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa membunuh ikan. 

Drum plastik juga mudah ditemukan dan tahan lama. Anda bisa menggunakan drum dengan diameter 60 cm dan tinggi sekitar 90 cm. 

Berikut langkah-langkah untuk membuat kolam drum ikan gabus:

- Potong Sisi Drum: Potong salah satu sisi drum plastik menjadi bukaan berbentuk persegi panjang. Untuk memudahkan pemotongan, gunakan gerinda listrik.

- Buat Saluran Pembuangan: Buat saluran pembuangan di dasar drum menggunakan satu buah keni dan pipa vertikal setinggi permukaan air kolam. Pastikan lubang di bagian dalam drum tertutup agar benih ikan gabus tidak masuk ke dalam saluran dan mati.

- Penempatan Drum: Letakkan drum di tempat yang mendapat sinar matahari cukup untuk menjaga suhu air tetap stabil.

- Penutup Kolam: Berikan penutup pada kolam untuk mencegah ikan gabus melompat keluar dari drum. Anda bisa menggunakan jaring atau kawat ram sebagai penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: