Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Beton

Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Beton-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Anda bisa mendapatkan makanan ikan dari toko hewan peliharaan atau kebun, biasanya berupa pelet, beserta instruksi pemberiannya. Berikan beberapa potong makanan ke ikan Anda.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ikan Gabus Sangat Baik untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

BACA JUGA:Tips Memilih dan Menebar Bibit Ikan Gabus

Jika mereka langsung memakannya (setelah melihatnya pertama kali), itu mungkin berarti mereka lapar dan Anda perlu memberi mereka makan secara teratur. 

Jika tidak, Anda bisa menggunakan makanan tersebut sebagai suplemen mingguan. Pastikan untuk memberi makan ikan Anda hingga 3-6 kali sehari, seperti yang dilakukan dalam budidaya gurame di kolam tanah.

5. Hindari Overfeeding Ikan Anda

Tidaklah sulit untuk menjaga ikan agar tidak kelaparan. Satu kali pemberian makan per hari sudah cukup, tetapi pastikan Anda memberikan makanan yang mencukupi untuk semua jenis ikan di akuarium Anda. Makanan serpihan biasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Namun, jangan anggap bahwa ikan akan mendapatkan cukup makanan dari serpihan yang jatuh ke dasar tangki, terutama jika ada ikan gabus di dalamnya. 

Jika ada ikan yang memakan ganggang di akuarium Anda, pastikan untuk menyediakan alga sebagai tambahan makanan bagi mereka.

Jangan memberi makan lebih dari yang bisa dimakan oleh ikan dalam beberapa menit. Pemberian makan berlebihan tidak hanya tidak sehat bagi ikan dan bisa menyebabkan penyakit, tetapi juga dapat merusak kondisi akuarium dan menyebabkan fluktuasi kimia yang tidak diinginkan. 

Hal ini juga bisa menyebabkan masalah seperti pertumbuhan alga yang berlebihan atau serangan parasit seperti yang terjadi dalam budidaya belut dalam tong.

6. Penanganan Alga

Jika Anda menghadapi masalah pertumbuhan ganggang di kolam Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda ambil. Pertama, ada godaan untuk mengosongkan kolam sepenuhnya dan memulai ulang. 

BACA JUGA:Tips Mempersiapkan Kolam Untuk Budidaya Ikan Gabus

BACA JUGA:Tips Mencegah Dan Menanggulangi Penyakit Ikan Gabus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: