Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Tanah

Tips Memulai Budidaya Ikan Gabus di Kolam Tanah

Tips budidaya ikan gabus di kolam tanah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya ikan gabus di kolam tanah mirip dengan cara budidaya ikan nila, yaitu pemilihan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat budidaya. 

Dalam pemilihan lokasi, penting untuk memilih lahan yang luas, karena ini akan berpengaruh pada hasil yang akan diperoleh.

Dengan lahan yang luas, Anda dapat mengharapkan hasil yang melimpah saat panen, dengan jumlah ikan gabus yang bisa mencapai ratusan hingga ribuan ekor.

BACA JUGA:Tips Menentukan Pakan Agar Ikan Gabus Cepat Besar

BACA JUGA:Tips Mencegah Penyakit Pada Budidaya Ikan Gabus

Simak langkahnya berikut ini : 

1. Pastikan Lokasi Bersih dan Bebas Limbah. 

Berikut lebih jelasnya :

- Pastikan untuk membersihkan lahan yang telah Anda pilih terlebih dahulu dan pastikan bahwa lokasi tersebut jauh dari pemukiman warga. Idealnya, jika Anda memiliki lahan luas di pekarangan Anda sendiri, itu akan lebih baik.

- Pilihlah media yang tepat untuk pembesaran dan perawatan ikan gabus. Anda dapat menggunakan kolam beton atau kolam tanah. Hindari menggunakan media akuarium kecuali untuk fase awal ketika ikan gabus masih berupa larva.

- Buatlah kolam ikan dengan ukuran lebar 2 meter dan panjang 5 meter. Sebaiknya, persiapkan kolam setidaknya seminggu sebelum menyiapkan bibit ikan gabus.

- Berikan pupuk kandang atau kotoran ternak yang sudah kering ke dalam kolam secara merata dengan ketebalan sekitar 30cm. Jangan lupa untuk menaburkan pupuk dolomit juga.

- Biarkan kolam terpupuk selama 3 hingga 5 hari agar mikroorganisme dan cacing sebagai pakan alami dapat berkembang.

2.  Pembibitan Ikan Gabus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: