Mengenal Ragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Mengenal Ragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan Kulit

Manfaat kopi untuk kesehatan kulit-Pinterest -

Penelitian mencit pada Journal of Investigative Dermatology menunjukkan jika kafein oral atau topikal dapat mendorong pengurangan keratinosit (penghasil protein keratin yang menggantikan sel-sel kulit) yang rusak akibat sinar UV.

Jadi, kafein merangsang apoptosis (kematian sel) keratinosit yang rusak. Dengan begitu, sel yang rusak tidak memperbanyak dirinya.

Efek tersebut dapat menurunkan risiko terjadinya kanker kulit, yakni pertumbuhan sel abnormal secara tidak terkendali.

BACA JUGA:Kantung Mata Hitam Bisa Jadi Tanda Ginjal Bermasalah, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Mengatasinya

7. Mencegah penuaan pada kulit

Kopi, khususnya pada bagian kulit luar (silverskin), mengandung kafein, asam klorogenat (CGA), dan melanoidin yang memiliki efek antioksidan serta anti-aging.

Kafein pada kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan meningkatkan aliran darah di kulit. Kedua hal ini bisa membuat wajah tampak awet muda.

Selain itu, dalam penelitian tersebut juga disebutkan kalau ekstrak silverskin kopi pada produk krim kulit dapat menjaga kekencangan dan kelembapan kulit serta mencegah kerutan di kelopak mata.

Demikian informasi mengenai manfaat kopi untuk kesehatan kulit. Bagaimana menurutmu? Sangat banyak manfaat kopi untuk kulit Anda bukan. Jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan masker kopi atau scrub kopi ke dalam perawatan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: